Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Vii Pada Materi Pokok Pencemaran Lingkungan Di SMPK Sta. Theresia Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

BOZU, Agustina (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Vii Pada Materi Pokok Pencemaran Lingkungan Di SMPK Sta. Theresia Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (121kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (70kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (113kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (142kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (44kB)

Abstract

Rendahnya mutu pendidikan di Indonesia sudah menjadi wacana umum di kalangan masyarakat, Banyak penelitian dan seminar yang membahas tentang rendahnya mutu pendidikan. Mutu pendidikan sangat berkaitan erat dengan prestasi belajar. Prestasi belajar merupakan hasil maksimal yang dicapai seseorang setelah melalui proses belajar,selanjutnya prestasi belajar sangat tergantung pada kualitas proses pembelajaran di kelas, yakni menyangkut guru, kurikulum, dana, sarana prasarana dan siswa itu sendiri.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII pada materipokok sistem pencemaran lingkungan di SMPK Sta. Theresia Kupang. Penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian desain grup dengan menggunakan dua kelas yakni kelas A Sebagai kelas Eksperimen dan kelas B sebagai kelas kontrol. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VII SMPK Sta. Theresia Kupang. Sampel penelitian ditentukan peserta didik kelas VIIA dan peserta didik kelas VIIB.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu pretest posttest yang kemudian dianalisis secara deskriptifdaninferensial. Hasil penelitian menunjukkan : Berdasarkan hasil analisis data, di simpulkan bahwa model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan pembelajaran langsung berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII pada materi pokok pencemaran lingkungan di SMPK Sta. Theresia Kupang tahun ajaran 2018/2019. Dimana data hasil analisis anacova untuk hasil belajar memperoleh nilai (sig.) sebesar 0,000 lebih kecil dari taraf signifikan yang ditentukan yaitu 0,05 Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah Berdasarkan hasil analisis data, di simpulkan bahwa model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan pembelajaran langsung berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII pada materi pokok pencemaran lingkungan di SMPK Sta. Theresia Kupang tahun ajaran 2018/2019. Dimana data hasil analisis anacova untuk hasil belajar memperoleh nilai (sig.) sebesar 0,000 lebih kecil dari taraf signifikan yang ditentukan yaitu 0,05

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing,dengan materi pencemaran lingkungan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Ptk Hendra Silvester
Date Deposited: 31 Oct 2019 01:29
Last Modified: 31 Oct 2019 01:29
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/663

Actions (login required)

View Item View Item