Hubungan Antara Konsep Diri Dan Relasi Sosial Siswa (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Siswa Kelas XII IPA3 SMA Negeri 5 Kupang Tahun Pelajaran 2017/2018)

APARICIO, Mariana Bere (2019) Hubungan Antara Konsep Diri Dan Relasi Sosial Siswa (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Siswa Kelas XII IPA3 SMA Negeri 5 Kupang Tahun Pelajaran 2017/2018). Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (799kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (512kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (534kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (718kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (630kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (498kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara konsep diri dan relasi sosial siswa kelas XII IPA3 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2017/2018. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dan relasi sosial siswa kelas XII IPA3 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini yaitu variabel bebas (X) konsep diri dan variabel terikat (Y) relasi sosial. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XII IPA3 SMA Negeri 5 Kupang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA3 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data wawancara tertulis/angket. Alat pengumpul data yang digunakan angket konsep diri dan angket relasi sosial. Teknik analisis data menggunakan rumus analisis korelasi product moment dengan taraf kepercayaan 1%. Hasil penelitian menunjukan ada hubungan antara konsep diri dan relasi sosial siswa kelas XII IPA3 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2017/2018. Hal ini dibuktikan dari hasil pengumpulan, pengolahan, analisis data penelitian secara umum dimana hasil perhitungan korelasi product moment yaitu rhitung 0.603 lebih besar dari pada rtabel 0.349 pada taraf kepercayaan 99% db=N-2=30. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara konsep diri dan relasi sosial siswa kelas XII IPA3 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2017/2018. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti memberikan saran kepada: a) Kepala sekolah agar terus bekerjasama dengan guru BK serta mendukung program bimbingan dan konseling dalam meningkatkan dan mengembangkan konsep diri sehingga siswa mampu membangun relasi sosial dengan orang lain. b) Guru BK diharapkan dapat membuat program dan memberikan layanan bimbingan dan konseling kepada siswa terkait dengan pemahaman dan pengembangan siswa tentang konsep diri dan relasi sosial siswa. c) Siswa diharapkan dapat mengikuti layanan BK yang diprogramkan oleh guru BK di sekolah sehingga siswa dapat mengenal, memahami serta meningkatkan konsep diri dan relasi sosial siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: andre berek
Date Deposited: 31 Oct 2019 01:37
Last Modified: 31 Oct 2019 01:37
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/665

Actions (login required)

View Item View Item