Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Di SMP Katolik St.Yoseph Naikoten Kupang Tahun Ajaran 2018/2019.

MISSA, Avriana (2019) Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Di SMP Katolik St.Yoseph Naikoten Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Universitas katolik Widya mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (574kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (163kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (191kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (287kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (246kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (138kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalahrendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas VIII SMP Katolik St.Yoseph Naikoten Kupang. Solusi yang ditawarkan ialah salah satu model pembelajran yang meningkatkan hasil belajar peserta diddik adalah model discovery learning. Alasannya untuk melihat hasil belajar apakah terdapat perubahan atau tidak pada diri peserta didik,atau berhasil atau tidaknya pembelajaran yang telah dilaksanakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didikkelas VIII pada materi sistem pencernaan makanan pada manusia di SMP Katolik St.Yoseph Naikoten Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Katolik St.Yoseph Kupang tahun ajaran 2018/2019.Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel adalah melalui discovery learning. Teknik pengumpulan data adalah melalui observasi dan test.Analisis data adalah melalu statistik deskripstif dan inferensial yaitu melalui uji anakova untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen discovery learning pretes 41, 3 dan post est 82, 333N – Gain 0,69 termasuk kategori tinggi; sedangkan pada kelas kontrol yaitu yang menerapkan model pembelajaran langsung rata-rata pretest 35,1667 dan postet 70,65N-gain 0,51 termasuk kategori sedang. Hasil ujian acova diperoleh hasil sigmanya 0,001 ≤0,05, yang menyatakan hipotesis nol ditolak, dan Ha di terima artinya bahwa model discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi sistem pencernaan makanan pada manusia di SMP Katolik St.Yoseph Kupang tahun ajaran 2018/2019. Kesimpulan dari penelitian Ada Pengaruh penerapan model discovery learning dan pembelajaran Langsung terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada meteri sistem pencernaan makanan pada manusia di SMP Katolik St.Yoseph Naikoten Kupang tahun ajaran 2018/2019 dimana dari analisis anacova untuk hasil belajar yang di peroleh mendapat nilai probabilitas (sig.) sebesar 0.00llebih kecil dari taraf signifikan yang ditentukan yaitu ≥0.05.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh,Discovery Learning,Hasil Belajar Peserta Didik.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Florentina B. Wenggu
Date Deposited: 31 Oct 2019 01:57
Last Modified: 31 Oct 2019 01:57
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/666

Actions (login required)

View Item View Item