Efektivitas Penggunaan Teknik Sosiodrama Dalam Konseling Kelompok Untuk Mengurangi Perilaku Agresif Siswa Pada Jam Istirahat Sekolah (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas XII IPS SMA Ki Hajar Dewantoro Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016)

WAE, Hendrikus Anselmus (2016) Efektivitas Penggunaan Teknik Sosiodrama Dalam Konseling Kelompok Untuk Mengurangi Perilaku Agresif Siswa Pada Jam Istirahat Sekolah (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas XII IPS SMA Ki Hajar Dewantoro Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016). Undergraduate thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (497kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (177kB)

Abstract

Judul skripsi: Efektivitas Penggunaan Teknik Sosiodrama Dalam Konseling Kelompok Untuk Mengurangi Perilaku Agresif Siwa Pada Jam Istirahat Sekolah. (studi deskriptif kuantitatif pada siswa kelas XII IPS SMA Ki Hajar Dewantoro Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016). Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Teknik Sosiodrama dalam Konseling Kelompok Efektif Untuk Mengurangi Perilaku Agresif Siswa Pada Jam Istirahat Sekolah Kelas XII IPS SMA Ki Hajar Dewantoro Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui efektivitas penggunaan teknik sosiodrama dalam konseling kelompok untuk mengurangi perilaku agresif siswa pada jam istirahat sekolah kelas XII IPS di SMA Ki Hajar Dewantoro Kupang tahun pelajaran 2015/ 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif tipe pra eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan berupa pedoman observasi dan panduan penerapan teknik sosiodrama dalam konseling kelompok. Analisis dilakukan secara individual yakni dengan cara mentabulasikan hasil pengukuran setiap subjek penelitian pada tahap Baseline dan treatmen dan menggambarkan dalam grafik. Komponen yang dianalisis meliputi kecendrungan/trend stabilitas perubahan level yang terjadi pada fase Baseline 1 dan fase baseline 2. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan teknik sosiodrama dalam konseling kelompok efektif mengurangi perilaku agresif siwa pada jam istirahat sekolah kelas XII IPS di SMA Ki Hajar Dewantoro Kupang tahun pelajaran 2015/ 2016, yang dibuktikan dengan perubahan level kecendrungan arah yakni dari meningkat hingga menurun pada fase sesudah treatment (Baseline 2). Dari hasil penelitian tersebut hipotesis nol (Ho) yang berbunyi Penggunaan Teknik Sosiodrama Dalam Konseling Kelompok Tidak Efektif Dalam Mengurangi Perilaku Agresif Siswa Pada Jam Istirahat Sekolah Kelas XII IPS SMA Ki Hajar Dewantoro Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016, ditolak. Sedangkan hipotetis alternatif (Ha) yang berbunyi Penggunaan Teknik Sosiodrama Dalam Konseling kelompok Efektif Dalam Mengurangi Perilaku Agresif Siswa Pada Jam Istirahat Sekolah Kelas XII IPS SMA Ki Hajar Dewantoro Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016, diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti mengemukakan saran sebagai berikut: 1) Kepala sekolah, sebagai pemimpin dan penanggung jawab sekolah untuk bekerja sama dengan seluruh komponen sekolah, khususnya guru BK dalam merencanakan kegiatan-kegiatan, dalam hal ini layanan konseling kelompok yang dapat mengurangi perilaku agresif siswa di sekolah. 2) Guru BK diharapkan untuk lebih intensif dalam menggunakan teknik sosiodrama melalui konseling kelompok agar dapat mengurangi perilaku agresif siswa di sekolah. 3) Siswa diharapkan untuk mengikuti kegiatan konseling kelompok untuk mengurangi perilaku agresif, sehingga siswa dapat memanfaatkan layanan konseling kelompok yang disiapkan di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 06 Jun 2022 01:09
Last Modified: 06 Jun 2022 01:09
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6709

Actions (login required)

View Item View Item