Upaya Guru BK Untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Dan Implikasinya Bagi Bimbingan Belajar (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Siswa Kelas XI IPS6 SMA Negeri I Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016)

KOTA, Hubertina Geovani (2016) Upaya Guru BK Untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Dan Implikasinya Bagi Bimbingan Belajar (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Siswa Kelas XI IPS6 SMA Negeri I Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016). Undergraduate thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (292kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (160kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (226kB)

Abstract

Judul Skripsi : Upaya Guru BK Untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika dan Implikasinya Bagi Bimbingan Belajar (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Siswa Kelas XI IPS6 SMA Negeri 1 Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016). Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya yang dilakukan guru BK untuk mengatasi kesulitan belajar siswa kelas XI IPS6 SMA Negeri 1 Kupang pada mata pelajaran Matematika dan implikasinya bagi bimbingan belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru BK dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas XI IPS6 pada mata pelajaran Matematika dan implikasinya bagi bimbingan belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Deskriptif Kualitatif. Subyek penelitian ini adalah Guru BK. Teknik pengumpulan data berupa Studi Dokumen, Wawancara, dan Observasi. Analisis data menggunakan Reduksi Data, Display Data dan Verifikasi Data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru BK telah berupaya untuk mengatasi kesulitan belajar siswa SMA Negeri 1 Kupang melalui bimbingan belajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa upaya yang dilakukan oleh guru BK dalam mengatasi kesulitan belajar siswa yaitu membentuk kelompok belajar untuk siswa kesulitan belajar dan membantu menyusun serta mengatur jadwal kegiatan belajar, memberikan bantuan berupa motivasi dan penguatan positif kepada siswa untuk lebih serius dalam belajar, memberikan orientasi kepada siswa mengenai penyesuaian yang baik dalam situasi belajar melalui layanan bimbingan baik secara individual maupun kelompok, tentang cara belajar yang efektif dan efisien dan cara mengatasi kesulitan belajar. Berdasarkan kesimpulan di atas peneliti mengajukan beberapa saran kepada: (1) Kepala Sekolah agar melengkapi sarana dan prasarana belajar siswa dan lebih banyak terlibat di dalam perencanaan program sehingga dapat mengikuti perkembangan layanan BK di sekolah. (2) Guru BK untuk lebih intensif dalam memberikan layanan bimbingan belajar agar siswa dapat mengatasi kesulitan guna mendapat penyesuaian yang baik dalam situasi belajar. (3) Wali Kelas agar lebih banyak terlibat di dalam penyelesaian masalah kesulitan belajar dan mendorong siswa untuk lebih giat belajar dan memanfaatkan pelayanan BK di sekolah. (4) Guru Bidang Studi Matematika hendaknya bisa menciptakan strategi belajar yang merangsang dan membantu siswa untuk lebih memahami arti dan manfaat BK. (5) Siswa diharapkan dapat mengembangkan sikap terbuka dalam menyampaikan berbagai hambatan dan berinisiatif untuk memanfaatkan pelayanan bimbingan dan konseling yang disiapkan di sekolah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 06 Jun 2022 01:22
Last Modified: 06 Jun 2022 01:22
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6710

Actions (login required)

View Item View Item