Hubungan Antara Perilaku Agresif Siswa Dengan Interaksi Sosial (Studi Deskriptif Kuantitatif Terhadap Siswa Kelas XI IPA1 SMA Negeri 7 Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016)

TITU, Katarina (2016) Hubungan Antara Perilaku Agresif Siswa Dengan Interaksi Sosial (Studi Deskriptif Kuantitatif Terhadap Siswa Kelas XI IPA1 SMA Negeri 7 Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016). Undergraduate thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (150kB)

Abstract

Judul penelitian ini adalah: hubungan antara perilaku Agresif dengan interaksi social pada siswa/siswi kelas XI PA1 SMAN 7 Kupang tahun pelajaran 2015/2016. Masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah ada hubungan antara perilaku Agresif dengan interaksi social pada siswa/siswi kelas XI IPA1 SMAN 7 Kupang tahun pelajaran 2015/2016. Tujuan penelitian untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara perilaku agresif dengan interaksi sosial siswa/i kelas XI IPA1 SMAN 7 Kupang tahun pelajaran 2015/2016 Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah: metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data adalah wawancara tertulis dan alat pengumpulan data adalah : angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product momen Pearson. Variabel dalam penelitian ini adala: variabel bebas (X) perilaku agresif dan variabel terikat (Y) interaksi sosial. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA1 SMAN 7 Kupang tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 32 orang. Sampel ujicoba adalah siswa/i kelas XI IPA2 yang berjumlah 30 orang. Hasil penelitian menunjukan ada hubungan antara perilaku agresif dengan interaski sosial. Hal ini ditunjukan dengan perolehan hasil rhitung = 0,669 bila dikonsultasikan dengan rtabel sebesar 0,361 pada tingkat kepercayaan 95% dengan derajat kebebasan (db/df)=N-2 (32-2=30), maka rhitung >rtabel (0,669 > 0,361). Dengan demikian pengujian hipotesis penelitian menolak hipotesis Ho yang mengatakan tidak ada hubungan antara perilaku agresif dengan interaksi sosial pada siswa/i kelas XI IPA1 SMAN 7 Kupang tahun pelajaran 2015/2016 dan menerima Ha yang mengatakan ada hubungan antara perilaku agresif dengan interaksi sosial pada siswa/i kelas XI IPA1 SMAN 7 Kupang tahun pelajaran 2015/2016. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa ada hubungan antara perilaku agresif dengan interaksi sosial siswa/i kelas XI IPA1 SMAN 7 Kupang tahun pelajaran 2015/2016. Berdasarkan simpulan di atas, peneliti memberikan saran kepada:1) kepala sekolah, diharapkan agar lebih meningkatkan hubungan kerja sama dengan semua personail sekolah agar secara bersama-sama mengurangi perilaku agresif dalam diri siswa sehingga interaksi sosial siswa dapat berjalan dengan baik. 2) bagi konselor, diharapkan kepada konselor sekolah agar memberikan layanan bimbingan dan konseling tentang interaksi sosial antara siswa sehingga dapat memotivasi siswa agar enggan berperilaku agresif antara siswa/i. 3) Bagi siswa/siswi, diharapkan agar dapat mengurangi perilaku agresif dengan cara memanfaatkan layanan yang telah diberikan oleh konselor agar dalam berinteraksi siswa/i mampu menjalin hubungan yang baik antara sesama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 06 Jun 2022 04:06
Last Modified: 06 Jun 2022 04:06
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6711

Actions (login required)

View Item View Item