Efektivitas Penerapan Teknik Bermain Peran Dalam Terapi Realitas Melalui Layanan Konseling Kelompok Untuk Mengurangi Perilaku Agresif Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Siswa Kelas VIIIC SMP Swasta Diakui Adhyaksa 2 Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016)

TIMBU, Martina (2016) Efektivitas Penerapan Teknik Bermain Peran Dalam Terapi Realitas Melalui Layanan Konseling Kelompok Untuk Mengurangi Perilaku Agresif Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Siswa Kelas VIIIC SMP Swasta Diakui Adhyaksa 2 Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016). Undergraduate thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (570kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (242kB)

Abstract

Judul skripsi : Efektivitas penerapan teknik bermain peran dalam terapi realitas melalui layanan konseling kelompok untuk mengurangi perilaku agresif siswa pada mata pelajaran ekonomi. (Studi Deskriptif Kuantitatif pada siswasiswi kelas VIIIC SMP Swasta Diakui Adhyaksa 2 Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016). Masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan teknik bermain peran dalam terapi realitas melalui layanan konseling kelompok efektif mengurangi perilaku agresif siswa kelas VIIIC SMP Swasta Diakui Adhyaksa 2 Kupang Tahun Pelajaran 2015 / 2016?. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan teknik bermain peran dalam terapi realitas untuk mengurangi perilaku agresif siswa dalam mengikuti pelajaran Ekonomi kelas VIIIC SMP Swasta Diakui Adhyaksa 2 Kupang Tahun Pelajaran 2015 / 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan tipe praeksperimen. Instrumen penelitian berupa pedoman kegiatan teknik bermain peran dalam terapi realitas melalui layanan konseling kelompok dan pedoman observasi. Analisis dilakukan secara individual yakni dengan cara mentabulasikan hasil pengukuran setiap subjek penelitian pada tahap Baseline dan treatment dan menggambarnya dalam grafik. Komponen yang dianalisis meliputi kecenderungan / trend stabilitas dan perubahan level yang terjadi pada fase Baseline -1 (A1) dan fase baseline -2 (A2). Hasil analisis data menunjukkan bahwa teknik bermain peran dalam terapi realitas melalui layanan konseling kelompok efektif untuk mengurangi perilaku agresif siswa dalam mengikuti pelajaran Ekonomi kelas VIIIC SMP Swasta Diakui Adhyaksa 2 Kupang Tahun Pelajaran 2015 / 2016, yang dibuktikan dengan perubahan berupa menurunnya perilaku agresif siswa kelas VIIIC SMP Swasta Diakui Adhyaksa 2 Kupang Tahun Pelajaran 2015 / 2016, setelah diberikan treatment. Dari hasil penelitian tersebut maka hipotesis nol (Ho) yang berbunyi penerapan teknik bermain peran dalam terapi realitas melalui layanan konseling kelompok tidak efektif mengurangi perilaku agresif siswa kelas VIIIC SMP Swasta Diakui Adhyaksa 2 Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016 ditolak. Sedangkan hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan penerapan teknik bermain peran dalam terapi realitas melalui layanan konseling kelompok efektif untuk mengurangi perilaku agresif siswa kelas VIIIC SMP Swasta Diakui Adhyaksa 2 Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016, diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 06 Jun 2022 01:58
Last Modified: 06 Jun 2022 01:58
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6720

Actions (login required)

View Item View Item