Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Perilaku Agresif (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Siswa Kelas VII G SMP Negeri 1 Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016 )

HELAN, Nuraini Perada (2016) Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Perilaku Agresif (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Siswa Kelas VII G SMP Negeri 1 Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016 ). Undergraduate thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (2MB)

Abstract

Judul skripsi: Hubungan Antara Konsep Diri dengan Perilaku Agresif (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Siswa Kelas VIIG SMP Negeri 1 Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016). Masalah penelitian: apakah ada hubungan antara konsep diri dengan perilaku agresif pada siswa kelas VIIG SMP Negeri 1 Kupang tahun pelajaran 2015/2016?. Tujuan penelitian: Untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan perilaku agresif siswa kelas VIIG SMP Negeri 1 Kupang tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data adalah wawancara tertulis, dan alat pengumpul data adalah angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi Product Moment angka kasar dari Pearson dengan taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan (df=N-2). Berdasarkan analisis data diperoleh hasil r hitung = 0.769, bila dikonsultasikan dengan r tabel produt moment pada taraf signifikansi 5% dengan df=N-2 sebesar 0.349 maka r hitung lebih besar dari r tabel atau rhit > rtab (0.769 > 0.349). Dengan demikian, hipotesis nol (Ho) yang berbunyi tidak ada hubungan antara konsep diri dengan perilaku agresif siswa kelas VIIG SMP Negeri 1 Kupang tahun pelajaran 2015/2016 ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi ada hubungan antara konsep diri dengan perilaku agresif siswa kelas VIIG SMP Negeri 1 Kupang tahun pelajaran 2015/2016 diterima. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa konsep diri siswa berhubungan dengan perilaku agresif siswa pada siswa kelas VIIG SMP Negeri 1 Kupang. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti memberikan saran kepada: a) Kepala Sekolah, selaku penanggung jawab kegiatan pendidikan, berusaha memotivasi siswa dan bekerja sama dengan konselor sekolah berkaitan dengan pelaksanaan program bimbingan konseling untuk meningkatkan konsep diri siswa dan mengurangi perilaku agresif siswa. b) Guru, sebagai pendidik dapat bekerja sama dengan konselor dalam rangka meningkatkan konsep diri siswa secara baik. c) Konselor, sebagai informasi dalam merancang program layanan bimbingan dan konseling untuk meningkatkan konsep diri yang positif pada siswa, dan dapat mengurangi kecenderungan perilaku agresif. d) Siswa, hendaknya belajar mengenal, berperilaku yang baik, memahami dan menyesuaikan diri dengan lingkungan agar dapat mengurangi perilaku agresif, sehingga siswa dapat bertumbuh dan berkembang secara optimal baik di dalam kelas maupun di lingkungan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 06 Jun 2022 03:14
Last Modified: 06 Jun 2022 03:21
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6721

Actions (login required)

View Item View Item