Partisipasi Guru Mata Pelajaran Dalam Pelaksanaan Bimbingan Dan Konseling Di SMA Negeri 2 Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016

SENA, Servasius (2016) Partisipasi Guru Mata Pelajaran Dalam Pelaksanaan Bimbingan Dan Konseling Di SMA Negeri 2 Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (331kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (326kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (313kB)

Abstract

Judul Skripsi ini adalah Partisipasi guru mata pelajaran dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling di SMA Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2015/2016. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana partisipasi guru mata pelajaran dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling kepada siswa/siswi SMA Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui partisipasi guru mata pelajaran dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling kepada siswa/siswi di SMA Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2015/2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru BK, dan guru mata pelajaran di SMA Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah wawancara dan studi dokumentasi. Alat pengumpulan datanya berupa lembaran studi dokumentasi dan pedoman wawancara. Analisis data menggunakan teknik reduksi data, display data, dan verifikasi data. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi dan member check. Setelah melakukan penelitian dan menganalisis data, diketahui bahwa bapak/ibu guru mata pelajaran tidak ikut berpartisipasi dalam kegiatan layanan bimbingan dan konseling di SMA Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2015/2016. Hal ini disebabkan oleh: kesibukan para guru dengan KBM, karena di SMA Negeri 2 Kupang juga ada KBM pada sore hari, sehingga bapak/ibu guru mata pelajaran lebih mengutamakan kegiatan mengajar dari pada membimbing, tidak adanya alokasi waktu dan kegiatan untuk melibatkan bapak/ibu guru mata pelajaran berpartisipasi dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling kepada siswa/siswi SMA Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2015/2016, dan kurangnya pemahaman dari bapak/ibu guru mata pelajaran tentang pentingnya partisipasi mereka dalam kegiatan bimbingan dan konseling. Berdasarkan simpulan tersebut, peneliti mengajukan beberapa saran kepada pihak yang terkait yakni : a) Kepala SMA Negeri 2 Kupang agar mengkoordinir guru mata pelajaran untuk berpartisipasi dalam kegiatan bimbingan dan konseling kepada siswa/sisw SMA N 2 Kupang tahun pelajaran 2015/2016. b) Bagi guru mata pelajaran Agar berpartisipasi dalam kegiatan bimbingan dan konseling kepada siswa/siswi SMA Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2015/2016. Sehingga dapat memahami dan membantu para siswa yang bermasalah dalam KBM. c) Bagi guru BK Agar dapat melibatkan guru mata pelajaran dalam kegiatan bimbingan dan konseling di kelas, sehingga dapat berpartisipasi dalam membantu para siswa mencapai perkembangan yang optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 06 Jun 2022 02:37
Last Modified: 06 Jun 2022 02:37
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6730

Actions (login required)

View Item View Item