Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemampuan Keterampilan Sosial Terhadap Hasil Belajar Siswa Dengan Menerapkan Pendekatan Saintifik Pada Materi Pokok Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Siswa Kelas XI IPA SMA Swasta Terakreditasi Pgri Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016

TNESI, Andreas (2016) Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemampuan Keterampilan Sosial Terhadap Hasil Belajar Siswa Dengan Menerapkan Pendekatan Saintifik Pada Materi Pokok Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Siswa Kelas XI IPA SMA Swasta Terakreditasi Pgri Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (431kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (48kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (44kB)

Abstract

Berpikir kritis adalah pemikiran secara mendalam dan teliti terhadap keyakinan atau bentuk pengetahuan atau informasi dengan memberikan interpretasi dan evaluasi yang terampil. Keterampilan sosial adalah suatu kemampuan yang dimiliki seseorang untuk mampu bergaul, bekerja sama dengan orang lain baik individu maupun kelompok secara baik sehingga terjalin ikatan yang baik. Pendekatan saintifik adalah proses pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa agar siswa secara aktif mengkonstruksi konsep, hukum atau prinsip melalui tahapan-tahapan mengamati, menanya, mengumpulkan data, menganalisis data, dan mengomunikasikan konsep, hukum atau prinsip yang ditemukan. Masalah utama dalam penelitian adalah 1) Bagaimana efektifitas penerapan pendekatan saintifik pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan siswa Kelas XI IPA SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang tahun pelajaran 2015/2016? 2) Bagaimana pengaruh dari kemampuan berpikir kritis dan kemampuan keterampilan sosial siswa Kelas XI IPA SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang tahun pelajaran 2015/2016? 3) Adakah hubungan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan keterampilan sosial dengan hasil belajar siswa yang menerapkan pendekatan saintifik pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan siswa Kelas XI IPA SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang tahun pelajaran 2015/2016? 4) Adakah pengaruh kemampuan berpikir kritis dan kemampuan keterampilan sosial terhadap hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan saintifik pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan siswa Kelas XI IPA SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang tahun pelajaran 2015/2016? Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui efektifitas pembelajaran dengan menerapkan pendekatan saintifik pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan siswa Kelas XI IPA SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang tahun pelajaran 2015/2016. (2) Mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa Kelas XI IPA SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang tahun pelajaran 2015/2016. (3) Mengetahui kemampuan keterampilan sosial siswa Kelas XI IPA SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang tahun pelajaran 2015/2016. (4) a) Mengetahui hubungan kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar siswa yang menerapkan pendekatan saintifik siswa Kelas XI IPA SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang tahun pelajaran 2015/2016. b) Mengetahui hubungan kemampuan keterampilan sosial dengan hasil belajar siswa yang menerapkan pendekatan saintifik siswa XI IPA SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang tahun pelajaran 2015/2016. (c) Mengetahui hubungan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan keterampilan sosial terhadap hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan saintifik siswa Kelas XI IPA SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang tahun pelajaran 2015/2016. (5) a) Mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan saintifik siswa Kelas XI IPA SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang tahun pelajaran 2015/ 2016. (b) Mengetahui pengaruh kemampuan keterampilan sosial terhadap hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan saintifik siswa Kelas XI IPA SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang tahun pelajaran 2015/2016. (c) Mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kritis dan kemampuan keterampilan sosial terhadap hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan saintifik siswa kelas XI IPA SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang tahun pelajaran 2015/2016. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI IPA SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang berjumlah 32 orang. Jenis penelitian deskriptif dan asosiatif. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) Pembelajaran dengan menerapkan pendekatan saintifik efektif pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan siswa kelas XI IPA SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang a) Guru mampu mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan saintifik pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan yang ditunjukkan oleh skor rata-rata 3,75 termasuk dalam kategori baik. b) Ketuntasan indikator hasil belajar dengan menerapkan pendekatan saintifik meliputi: Ketuntasan indikator hasil belajar sikap spiritual (KI-1) diperoleh dari rata-rata angket dan observasi sebesar 0.83 dan 0.97 dinyatakan tuntas, Ketuntasan indikator hasil belajar sikap sosial (KI-2) diperoleh dari rata-rata angket dan observasi sebesar 0,86 dan 0,85 dinyatakan tuntas, Ketuntasan indikator hasil belajar kognitif (KI-3) dinyatakan tuntas dengan proporsi rata-rata sebesar 0,81, Ketuntasan indikator hasil belajar ketrampilan (KI-4) diperoleh dari rata-rata indikator psikomotor, presentasi, portofolio dan THB proses sebesar 0,89, 0,92, 0,86, dan 0,83 dinyatakan tuntas. (2) Kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang dengan presentase rata-rata Tes Kemampuan Berpikir Kritis sebesar 76,56% termasuk dalam kategori baik. (3) Kemampuan keterampilan sosial siswa kelas XI IPA SMA SWASTA Terakreditasi PGRI Kupang dengan presentase rata- rata Angket Kemampuan Keterampilan Sosial sebesar 71,16% termasuk kategori baik. (4) a) Ada hubungan kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar siswa yang menerapkan pendekatan saintifik siswa kelas XI IPA SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang tahun pelajaran 2015/2016 dengan korelasi pearson product moment diperoleh nilai ��= 0,50. b) Ada hubungan kemampuan keterampilan sosial dengan hasil belajar siswa yang menerapkan pendekatan saintifik siswa kelas XI IPA SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang tahun pelajaran 2015/2016 dengan korelasi Pearson Product Moment ���= 0,47. c) Ada hubungan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan keterampilan sosial dengan hasil belajar siswa yang menerapkan pendekatan saintifik pada siswa Kelas XI IPA SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang tahun pelajaran 2015/ 2016 dengan korelasi ganda diperoleh nilai ���= 0,55. (5) a) Ada pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan saintifik siswa Kelas XI IPA SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang tahun pelajaran 2015/2016 yang diperoleh dari persamaan garis regresi sederhana Ŷ = �, � +, ���. b) Ada pengaruh kemampuan keterampilan sosial terhadap hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan saintifik siswa Kelas XI IPA SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang tahun pelajaran 2015/ 2016 yang diperoleh dari persamaan regresi sederhana Ŷ = 48,267 + 0,516X. c) Ada pengaruh kemampuan berpikir kritis dan kemampuan keterampilan sosial terhadap hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan saintifik pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan siswa Kelas XI IPA SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang tahun pelajaran 2015/ 2016 yang diperoleh dari persamaan garis regresi ganda �� = �, � + , ��� � +, �� �� Dengan melihat bahwa kemampuan berpikir kritis dan kemampuan keterampilan sosial siswa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa maka perlu diperhatikan dengan baik bagaimana kemampuan berpikir kritis seorang siswa dan bagaimana seorang individu memiliki kemampuan keterampilan sosial yang baik dalam dirinya. Pendekatan saintifik juga memberi hasil yang baik bagi hasil belajar siswa, oleh karena itu pendekatan ini bisa lebih sering diterapkan pada materi-materi pembelajaran yang akan diajarkan oleh guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis, Keterampilan Sosial, Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar, Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Program Studi Kimia
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 06 Jun 2022 03:53
Last Modified: 06 Jun 2022 03:53
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6747

Actions (login required)

View Item View Item