Analisis Hasil Belajar Kimia Pada Materi Laju Reaksi Dengan Pendekatan Discovery Learning Peserta Didik Kelas Xi IPA 1 SMAN 6 Kupang Berdasarkan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL)

ARIF, Yohanes Nong (2021) Analisis Hasil Belajar Kimia Pada Materi Laju Reaksi Dengan Pendekatan Discovery Learning Peserta Didik Kelas Xi IPA 1 SMAN 6 Kupang Berdasarkan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (265kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (108kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (39kB)

Abstract

Tujuan Penulisan Karya Ilmiah ini adalah untuk mengetahui bagaimana hasil belajar dari pembelajaran yang menerapkan pendekatan discovery learning peserta didik kelas XI IPA 1 SMAN 6 Kota Kupang. Hasil penulisan karya ilmiah ini dapat dijadikan sebagai pedoman pendidik dalam menerapkan pendekatan dalam proses pembelajaran. Pendekatam Discovery Learning merupakan suatu pendekatan untuk mengembangkan cara belajar peserta didik yang aktif dengan menemukan sendiri inti dari materi pembelajaran melalui berbagai kegiatan. Guru berperan membimbing dan bertindak membawa perubahan, fasilitator, dan motivator bagi peserta didiknya. Hasil penulisan karya ilmiah ini berdasarkan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) adalah pembelajaran yang menerapkan pendekatan discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar yang berkaitan erat dengan eksperimen. Dalam proses pembelajaran yang menerapkan pendekatan discovery learning, guru bertindak sebagai pemimpin kelas yang mengontrol dan menjelaskan bagian tertentu dari pembelajaran misalnya kejadian data, konsep-konsep yang kurang dipahami peserta didik. sedangkan peserta didik berperan sebagai subjek belajar, seluruh aktivitas dalam pembelajaran dilakukan oleh peserta didik,peserta didik diarahkan untuk mencari dan menemukan sendiri sesuatu yang dipertanyakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Discovery learning, Laju reaksi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Pd Rhysto Kila
Date Deposited: 06 Jun 2022 04:00
Last Modified: 06 Jun 2022 04:00
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6748

Actions (login required)

View Item View Item