LAWAY, Maria Paulina (2021) Pembelajaran Permainan Alat Musik Pianika Dengan Model Lagu Hymne Guru Melalui Metode Imitasi Dan Drill Pada Siswa-Siswi Kelas Ix B Smpk St. Yoseph Noelbaki Sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (352kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (301kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (612kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (766kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (204kB) |
Abstract
Pianika adalah instrumen yang dimainkan dengan cara ditiup sambil ditekan. Pianika merupakan salah satu alat musik sekolah yang wajib dalam pembelajaran ditingkat SMP dan SMA dan biasanya dikembangkan melalui kegiatan ekstrakurikuler dalam bentuk latihan.Pemasalahan yang menjadi fokus penelitian ini yaitu, bagaimana proses pembelajaran permainan alat musik pianika dengan model lagu Hymne Guru menggubakan metode imitasi dan drill pada siswa-siswi kelas IXB SMPK St. Yoseph Noelbaki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran permainan alat musik pianika dengan model lagu Hymne Guru menggunakan metode imitasi dan drill pada siswa-siswi SMPK St. Yoseoph Noelbaki. Penelitian ini bersifat kualitatif, Metode yang digunakan yakni tindakan lapangan dan teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka dan studi lapangan yang terdidri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran permainan alat musik pianika dilaksanakan selama duabelas kali pertemuan, yakni: pertemuan pertama bertemu siswa-siswi yang akan mengikuti pembelajaran permainan alat musik pianika dan menyampaikan tujuan. Pertemuan kedua memberikan materi tentang pengertian pianika, bagian-bagian pianika dan cara memainkan alat musik pianika. Pertemuan ketiga memainkan tangga nada C natural. Pertemua keempat memainkan lagu bagian pertama dari birama 1 sampai 9. Peretemuan kelima mengulagi kembali latihan pada pertemuan keempat. Pertemuan keenam memainkan lagu bagian kedua dari birama 9 sampai 17. Pertemuan ketujuh mengulang kembali proses latihan pertemuan keenam. Pertemuan kedelapan memainkan lagu bagian pertama dan kedua yaitu birama 1 sampai 17. Pertemuan kesembinlang memainkan lagu bagian ketiga dari birama 17 sampai 29. Pertemuan kesepuluh mengulang proses latihan pada pertemuan Sembilan. Pertemuan sebelas memainkan keseluruhan lagu dari bagian pertama sampai bagian ketiga yaitu birama 1 sampai 29 dengan memperhatikan kekompakan dan tempo. Pertemuan duabelas pementasan. Dalam proses pembelajaran permainan alat musik pianika dengan model lagu Hymne Guru melalui metode imitasi dan drill pada siswa-siswi kelas IX B SMPK St. Yoseph Noelbaki. Terdapat kendala yang dihadapi siswa-siswi berupa teknik penjarian pada lagu dan tempo. cara mengatasi yakni dengan memberikan contoh dan latihan secara berulang-ulang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pianika, siswa-siswi, teknik penjarian, metode imitasi dan drill. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools M Music and Books on Music > M Music M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik |
Depositing User: | Antonia M. Ngole |
Date Deposited: | 06 Jun 2022 04:34 |
Last Modified: | 06 Jun 2022 04:34 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6752 |
Actions (login required)
View Item |