Memperkenalkan Tari Caci Modifikasi Pada Siswa-Siswi Minat Tari SMAK Pancasila Borong Melalui Metode Imitasi Dan Drill

OBES, Asumta Katrin (2017) Memperkenalkan Tari Caci Modifikasi Pada Siswa-Siswi Minat Tari SMAK Pancasila Borong Melalui Metode Imitasi Dan Drill. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
COVER DLL.pdf

Download (267kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (157kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (154kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (135kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (107kB)

Abstract

Caci merupakan permainan uji ketangkasan para pria-pria Manggarai. Caci biasanya dimainkan atau dipentaskan pada saat upacara syukur panen, pembukaan lahan baru, ritual tahun baru dan untuk menyambut tamu-tamu penting. Tarian ini dimainkan oleh sepasang pria yang bertarung menggunakan cambuk dan perisai. Namun seiring perkembangan zaman, masyarakat terutama para pelajar kurang tertarik pada tarian ini. Hal ini juga disebabkan karena ragam gerak tarian caci yang terkesan monoton. Untuk itu peneliti tertarik untuk memperkenalkan ragam gerak dan pola lantai tari caci modifikasi kepada siswa-siswi minat tari SMAK Pancasila Borong dengan menggunakan metode imitasi dan drill. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana proses memperkenalkan tari Caci modifikasi pada siswa-siswi minat tari SMAK Pancasila Borong melalui metode imitasi dan drill. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses memperkenalkan tari caci modifikasi pada siswa-siswi minat tari SMAK Pancasila Borong melalui metode imitasi dan drill. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode yang digunakan adalah metode tindakan lapangan. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses memperkenalkan Tari Caci Modifikasi pada siswa-siswi minat tari SMAK Pancasila Borong melalui metode imitasi dan drill dilakukan dalam 3 tahap. Tahap awal peneliti menjelaskan tentang tari caci modifikasi. Tahap inti memperkenalkan ragam gerak dan pola lantai tari caci modifikasi. Dan tahap akhir adalah pementasan tarian caci modifikasi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dalam proses memperkenalkan tari caci modifikasi terdapat kesulitan pada beberapa ragam gerak yang dialami oleh siswa, namun hal tersebut dapat diatasi melalui metode imitasi dan drill.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tari Caci, Modifikasi, Metode imitasi, Metode drill.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: Andreas M. Pati
Date Deposited: 31 Oct 2019 05:03
Last Modified: 31 Oct 2019 05:03
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/676

Actions (login required)

View Item View Item