MELLA, Frederikus (2014) Analisis Peran Sarana Pelayanan Dan Kemampuan Pegawai Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kartu Tanda Penduduk Pada Kantor Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Kupang. Undergraduate thesis, Unika Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (619kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (61kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (122kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (66kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (401kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (132kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Download (10kB) |
Abstract
Dengan tujuan untuk menggambarkan analisis peran sarana pelayanan dan kemampuan pegawai dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik dalam pembuatan KTP pada Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kupang. Masalah yang dirumuskan adalah: Bagaimana Peran Sarana Pelayanan dalam meningkatkan kualitas pelayanan Kartu Tanda Penduduk pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kupang dan Bagaimana Peran Kemampuan Pegawai dalam meningkatkan kualitas pelayanan Kartu Tanda Penduduk pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kupang. Berdasarkan masalah pokok tersebut diatas maka teori-teori yang digunakan adalah Sarana Pelayanan,Kemampuan Pegawai dan Kualitas Pelayanan dimana terdapat indikator dari setiap variabel diatas sebagai berikut: Peralatan kerja,Ruang Pelayanan,Ruang Tunggu,Tingkat pendidikan,Sumber daya, Kemampuan teknik, Kejelasan pelayanan, Kepastian waktu, Kesederhanaan pelayanan pada kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kupang terhadap pelayanan KTP. Variabel–variabel tersebut akan dianalisa satu persatu dalam penelitian ini. Untuk mengetahui tingkat kualitas pelayanan publik dalam pembuatan KTP pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kupang,maka penulis melakukan penelitian dengan menggunakan metode penelitian deskriptif yang diartikan sebagai pemecahan masalah dengan menggambarkan keadaan subyek atau obyek penelitian berdasarkan fakta yang ada.Informen dari penelitian adalah masyarakat 10 0rang dan aparat pada DISPENDUK 10 orang sebagai resonden yang diyakini dapat memberikan informasi yang lengkap dalam masalah penelitian ini. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa masih dijumpai adanya beberapa kendala seperti kurangnya sarana pelayanan dan fasilitas pelayanan dan ketidakpastian waktu dalam pengambilan KTP, ruangan tunggu yang belum memadai, dan tata ruang kantor yang belum sesuai bidangnya masing-masing. Oleh karena itu penulis menyarankan kepada pemerintah Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kupang agar dapat memperbaiki manajemen pelayanan sesuai tata ruang bidangnya masing–masing, agar pelaksanaan pelayanan KTP menjadi lebih baik. Selain itu juga peneliti menyarankan untuk dapat mengaji secara nmendalam tentang kualitas pelayanan dengan sarana pelayanan dan kemampuan pegawai dalam pembuatan KTP. Berdasarkan pada analisis data maka dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan KTP yang diberikan oleh aparat/petugas dalam pembuatan KTP belum adanya kepastian waktu dalam pengambilan. Maka dengan demikian pelayanan publik yang di berikan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kupang masih banyak dijumpai kendala.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare J Political Science > JS Local government Municipal government |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik |
Depositing User: | S.KM Ustyn Ceme |
Date Deposited: | 08 Jun 2022 04:11 |
Last Modified: | 08 Jun 2022 04:11 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6775 |
Actions (login required)
View Item |