Upaya Memperkenalkan Permainan Alat Musik Gong Gendang Etnis Nagekeo Sebagai Iringan Tarian Tea Eku Dalam Irama Mara Melalui Metode Drill Dan Meniru Bagi Siswa Kelas Vii Smpk Setya Budi Maunori Kecamatan Keotengah Kabupaten Nagekeo

WUDA, Maria Theresia (2021) Upaya Memperkenalkan Permainan Alat Musik Gong Gendang Etnis Nagekeo Sebagai Iringan Tarian Tea Eku Dalam Irama Mara Melalui Metode Drill Dan Meniru Bagi Siswa Kelas Vii Smpk Setya Budi Maunori Kecamatan Keotengah Kabupaten Nagekeo. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (766kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (408kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (967kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (189kB)

Abstract

Gejala perilaku generasi muda sekarang merasa asing terhadap keadaan sosial budaya daerah sendiri seperti alat musik tradisional gong gendang. Hal ini terjadi dipengaruhi oleh perkembangan alat musik modern yang sangat pesat dan mengakibatkan menghilangnya identitas kita sebagai daerah yang memiliki beragam alat musik tradisional. Untuk mengatasi kecemasan ini, maka penulis mencoba mengangkat keaslian permainan alat musik tradisional gong gendang etnis Nagekeodalam irama mara untuk mengiringi tarian tradisional Tea eku dan memperkenalkan kepada siswa kelas VII SMPK Setya Budi Maunori. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya yang dilakukan untuk memperkenalkan permainan alat musik gong gendang etnis Nagekeo kepada siswa-siswi disekolah. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan lapangan, dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu studi pustaka dan studi lapangan yang terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses memperkenalkan permainan gong gendang etnis Nagekeo dalam irama Mara sebagai iringan tarian Tea eku melalui metode Drill dan Meniru bagi siswa kelas VII dilakukan dengan tahap sebagai berikut : Tahap awal atau persiapan yaitu perekrutan para pemain dan penari, selanjutnya menjelaskan sejarah alat musik gong gendang kemudian memperkenalkan permainan alat musik gong gendang etnis Nagekeo. Sedangkan tahap akhir yaitu pementasan dan evaluasi bersama terkait dengan proses peneliti. Masalah yang ditemukan peneliti yaitu terdapat beberapa siswa yang belum terlalu mengenal pukulan alat musik gong dan gendang mengiringi tarian Tea eku, oleh karena itu perlu adanya bimbingan kepada siswa tersebut agar mampu menguasai pukulan dengan baik. Memperkenalkan permainan alat musik gong gendang etnis Nagekeo dalam irama Mara dideskripsikan dan selanjutnya diolah untuk memahami jalan proses pengenalan irama tersebut. Hasil analisis data menunjukan bahwa siswa-siswi dapat menguasai permaianan alat musik gong gendang etnis Nagekeo.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Gong gendang, Irama mara, Tea eku, Metode drill dan meniru, dan siswa
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > ML Literature of music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: Antonia M. Ngole
Date Deposited: 08 Jun 2022 04:07
Last Modified: 08 Jun 2022 04:07
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6776

Actions (login required)

View Item View Item