Strategi Implementasi Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Maulafa Kota Kupang

AWI, Theobaldus Benyamin (2021) Strategi Implementasi Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Maulafa Kota Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (462kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (272kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (810kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (905kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (470kB)

Abstract

Teori yang digunakan oleh peneliti dalam memecahkan masalah penelitian adalah Pelayanan publik berupa Strategi pengembangan struktur, pengembangan atau penyederhanaan sistem prosedur, pengembangan infrastruktur dan pengembangan budaya atau kultur. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif.Sumber data primer adalah para informan sedangkan data sekunder adalah dokumen–dokumen yang berkaitan dengan variabel penelitian.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tahap analisa data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, tahap penarikan kesimpulan lalu dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pengembangan struktur ditandai adanya Penghargaan bagi pegawai yang berprestasi dengan program melanjutkan studi lanjutan yang dilakukan Pemerintah Kecamatan Maulafa dalam melanjutkan pendidikan lanjutan dalam hal ini S-1 ada 5 orang di Universitas Nusa Cendana Kupang dengan mengacu pada Peraturan Daerah Kota Kupang Nomor 17 Tahun 2007 Tentang Tugas Belajar, Ijin Belajar dan Ikatan Dinas. (2). Pengembangan atau Penyederhanaan System Prosedur ditandai adanya sistem prosedur atau kelembagaan yang mengatur pembagian kerja sesuai dengan SOP dengan berpedoman pada Peraturan Walikota Kupang Nomor 49 Tahun 2017 Peraturan Daerah Kota Kupang Nomor 13 Tahun 2016 Tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kota Kupang dan Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2018 Tentang Kecamatan. prosedur pelayanan yang ada di Kantor Camat Maulafa dimana Masyarakat harus mengambil Nomor Antrian, menunggu diruang tunggu, petugas memanggil nomor antrian, pemeriksaan berkas dan apabila berkas sudah lengkap divalidasi langsung diproses untuk pelayanan. (3). Pengembangan Infrastruktur ditandai adanya Penyedian sarana prasarana dalam mendukung pelayanan publik di Kantor Camat Maulafa sudah sangat baik hal ini ditandai dengan adanya Komputer, Laptop, Alat Perekaman KTP (Komputer, Camera Canon, Signature Topaz), Meja, Kursi, Loket Pelayanan, Ruang Tunggu, Aula. (4). Pengembangan Budaya atau Kultur ditandai adanya Kualitas Pelayanan Publik Aparatur Kecamatan Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Di Camat Maulafa dalam melayani masyarakat sudah sangat baik dan sesuai yang dengan apa yang di harapkan dimana melayani masyarakat dengan sikap ramah dan sopan santun sehingga membuat masyarakat merasa sangat nyaman serta serta dalam melayani masyarakat tidak selalu mendahulukan masyarakat yang sudah kenal saja misalnya keluarga atau teman dekat tetapi harus sesuai dengan nomor antrian. Berdasarkan hasil analisis diatas, penulis menyimpulkan bahwa Strategi Implementasi Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Maulafa Kota Kupang berjalan dengan baik berupa adanya Pengembangan struktur, Pengembangan atau penyederhanaan sistem prosedur, Pengembangan infrastruktur dan Pengembangan budaya atau kultur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Impelementasi, Pelayanan Publik, Kecamatan Maulafa.
Subjects: H Social Sciences > HS Societies secret benevolent etc
J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Antonia M. Ngole
Date Deposited: 08 Jun 2022 02:59
Last Modified: 08 Jun 2022 02:59
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6785

Actions (login required)

View Item View Item