Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Guna Meningkatkan Keterampilan Teknik Vokal Intonasi Dalam Bernyanyi Pada Siswa Siswi SMP Angkasa Penfui Kupang

OFONG, Maria I. R. D. Y. P. (2017) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Guna Meningkatkan Keterampilan Teknik Vokal Intonasi Dalam Bernyanyi Pada Siswa Siswi SMP Angkasa Penfui Kupang. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (349kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (282kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (152kB)

Abstract

SMP Angkasa Penfui Kupang merupakan salah satu sekolah menengah pertama di Kota Kupang. Dalam pembelajaran di sekolah, siswa-siswi yang berminat dalam bernyanyi diberi ruang untuk berlatih kemampuannya menjadi lebih baik. Paduan suara merupakan kelompok yang terbentuk dalam mengolah kemampuan bernyanyi siswa-siswi di SMP Angkasa. Kondisi yang dialami peneliti saat melakukan praktik pendidikan lapangan, siswa-siswi tidak dapat bernyanyi dengan baik karena kemampuan membidik notasi secara baik tidak mampu dipraktikkan. Hal ini terlihat dalam lagu “Bagimu Negeri” yang dilatih selama empat kali dalam sebulan dengan metode demonstrasi tidak memperoleh hasil yang maksimal. Hal ini mendorong peneliti untuk melakukan peningkatan keterampilan teknik intonasi dengan inovasi model pembelajaran yang baru. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah Bagaimana menerapkan model pembelajaran kooperatif guna meningkatkan keterampilan teknik vokal intonasi dalam bernyanyi pada siswa-siswi minat bernyanyi SMP Angkasa Penfui Kupang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas keterampilan teknik Intonasi dalam bernyanyi dengan model pembelajaran kooperatif juga metode imitasi dan drill pada siswa-siswi SMP Angkasa Penfui Kupang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tindakan lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka dan studi lapangan yang terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian penerapan model pembelajaran kooperatif guna meningkatkan keterampilan teknik intonasi dalam beryanyi siswa-siswi SMP Angkasa Penfui Kupang, dilakukan melalui tahap-tahap yaitu tahap latihan pemanasan dan latihan etude interval sekond sampai interval kuin. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa upaya meningkatkan kualitas teknik Intonasi dalam bernyanyi pada siswa-siswi SMP Angkasa Penfui Kupang memiliki perubahan walau hasil yang didapat tidak signifikan. Model pembelajaran kooperatif juga metode imitasi dan drill diharapkan dapat membantu guru seni budaya dalam memberikan materi pelatihan pada siswa-siswi agar siswa-siswi guna mengembangkan kemampuan yang mereka miliki agar dapat berkembang menjadi sesuatu yang berguna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Teknik intonasi, kelompok bernyanyi, model kooperatif, metode drill dan imitasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: Andreas M. Pati
Date Deposited: 31 Oct 2019 05:12
Last Modified: 31 Oct 2019 05:12
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/679

Actions (login required)

View Item View Item