Pengaruh Tipe-Tipe Karakter Dan Kemampuan Numerik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Dengan Menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 10 Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016

SA’U, Blandina (2016) Pengaruh Tipe-Tipe Karakter Dan Kemampuan Numerik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Dengan Menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 10 Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (393kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (480kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (273kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta empirik dalam proses belajar mengajar maupun hasil observasi dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti di SMA Negeri 10 Kupang. Pendekatan pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing merupakan salah satu pendekatan yang rangkaian kegiatan pembelajarannya menekankan pada proses berpikir secara kritis dan analitis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan.Tujuan dari Penelitian ini adalah. (1)untuk mengetahui efektivitas penerapan pendekatan inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA SMAN 10 Kupang tahun pelajaran 2015/2016. (2) untuk mengetahui tipe-tipe karakter pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan siswa kelas XI IPA SMAN 10 Kupang tahun pelajaran 2015/2016 (3) untuk mengetahui kemampuan numerik pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan siswa kelas XI IPA SMAN 10 Kupang tahun pelajaran 2015/2016.(4a) Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara tipe-tipe karakter dengan hasil belajar siswa dalam penerapan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan siswa kelas XI IPA SMAN 10 Kupang tahun ajaran 2015/2016. (4b) untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara tipetipe karakter terhadap hasil belajar siswa dalam penerapan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan siswa kelas XI IPA SMAN 10 Kupang tahun ajaran 2015/2016. (4c) untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara kemampuan numerik dan tipe-tipe karakter terhadap hasil belajar siswa dalam penerapan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan siswa kelas XI IPA SMAN 10 Kupang tahun ajaran 2015/2016.(5a) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara tipe-tipe karakter terhadap hasil belajar siswa dalam penerapan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan siswa kelas XI IPA SMAN 10 Kupang tahun ajaran 2015/2016. (5b) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara kemampuan numerik terhadap hasil belajar siswa dalam penerapan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan siswa kelas XI IPA SMAN 10 Kupang tahun ajaran 2015/2016.(5c) untuk megetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara kemampuan numerik dan tipe-tipe karakter terhadap hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok larutan asam dan basa pada siswa kelas XI IPA SMAN 10 Kupang tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan asosiatif. Populasi dan sampel adalah peserta didik kelas XI IPA SMAN 10 Kupang tahun pelajaran 2015/2016. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan kemampuan guru mengelolah pembelajaran, lembar observasi dan angket penilaian diri sikap spiritual (KI 1) dan sikap sosial (KI 2), tes hasil belajar berupa kuis, tugas dan ulangan untuk aspek pengetahuan (KI 3), lembar observasi psikomotor, presentasi dan lembar penilaian portofolio untuk aspek keterampilan (KI 4), angket tipe-tipe karakter dan soal tes kemampuan numerik. Dari hasil analisis data diperoleh: (1) Pendekatan inkuiri terbimbing efektif terhadap hasil belajar kimia pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan peserta didik kelas XI IPA SMAN 10 Kupang tahun pelajaran 2015/2016. (2) Tipe-tipe karakter peserta didik kelas XI IPA SMAN 10 Kupang tahun pelajaran 2015/2016 tinggi dengan presentase sebesar 78,71%. (3) Kemampuan numerik peserta didik kelas XI IPA SMAN 10 Kupang istimewa dengan nilai kemampuan numerik TPA sebesar 687.(4a) Ada hubungan yang signifikan antara tipe-tipe karakter dengan hasil belajar dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan peserta didik kelas XI IPA SMAN 10 Kupang tahun ajaran 2015/2016 yang ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi (rx1y)=0,55 dan t୦୧୲୳୬୥≥ t୲ୟୠୣ୪yaitu 3,08 > 2,07. (4b) Ada hubungan yang signifikan antara kemampuan numerik dengan hasil belajar dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan peserta didik kelas XI IPA SMAN 10 Kupang tahun ajaran 2015/2016 yang ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi (rx2y) = 0,50 dan t୦୧୲୳୬୥≥ t୲ୟୠୣ୪yaitu 2,70 > 2,07 .(4c) Ada hubungan yang signifikan antara tipe-tipe karakter dan kemampuan numerik dengan hasil belajar dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan peserta didik kelas XI IPA SMAN 10 Kupang tahun ajaran 2015/2016 yang ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi (rx1x2y) = 0,40 dan F୦୧୲୳୬୥≥ F୲ୟୠୣ୪yaitu 6,91> 3,4668. (5a) Ada pengaruh yang signifikan antara tipe-tipe karakter dengan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan dengan persamaan regresi yang diperoleh Y=a+bX1= 30,40 + 0,70 X1 dan Fhitung ≥ Ftabel yaitu 9,78 > 4,300949. (5b) Ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan numerik dengan hasil belajar dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan dengan persamaan regresi yang diperoleh Y=a+bX2= 39,35+ 0,57 X2 dan Fhitung ≥ Ftabel yaitu 7,546 > 4,300949 (5c) Ada pengaruh yang signifikan antara tipe-tipe karakter dan kemampuan numerik terhadap hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan dengan persamaan regresi Y=a+b1X1+b2X2= 13,5+0,527 X1+0,377 X2 dan Fhitung ≥ Ftabel yaitu 6,91 > 3,46.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tipe-tipe Karakter, Kemampuan Numerik, Pendekatan Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 14 Jun 2022 02:01
Last Modified: 14 Jun 2022 02:01
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6822

Actions (login required)

View Item View Item