Pengaruh Kemampuan Keruangan Dan Kreativitas (Apptitude) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Hidrokarbon Dengan Menerapkan Pendekatan Scientific, Siswa Kelas X E SMA Negeri 7 Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016

KEWA, Katima (2016) Pengaruh Kemampuan Keruangan Dan Kreativitas (Apptitude) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Hidrokarbon Dengan Menerapkan Pendekatan Scientific, Siswa Kelas X E SMA Negeri 7 Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (824kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (452kB)

Abstract

Kemampuan keruangan atau visual-spasial merupakan kemampuan melihat dan mengamati konsep abstrak melalui gambar yang berkenaan dengan ruang atau tempat yang melibatkan kesadaran akan warna, garis, bentuk, ruang, ukuran dalam memvisualisasikan gambar dua dimensi atau tiga dimensi suatu objek dari berbagai sudut pandang. Kreativitas (apptitude) merupakan suatu proses yang menuntut keseimbangan dan aplikasi dari ketiga aspek esensial kecerdasan analitis, kreatif dan praktis, beberapa aspek yang ketika digunakan secara kombinatif dan seimbang akan melahirkan kecerdasan kesuksesan. Pembelajaran dengan pendekatan saintifik adalah proses pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa agar peserta didik secara aktif mengonstruk konsep, hukum atau prinsip melalui tahapan-tahapan mengamati (untuk mengidentifikasi atau menemukan masalah), merumuskan masalah, mengajukan atau merumuskan hipotesis, mengumpulkan data dengan berbagai teknik, menganalisis data, menarik kesimpulan dan mengomunikasikan konsep, hukum atau prinsip yang “ditemukan”. Masalah utama dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana efektifitas pembelajaran dengan menggunakan pendekatan scientific pada materi pokok hidrokarbon siswa kelas X- E SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2015/2016 ? 2. Bagaimana kemampuan keruangan siswa kelas X- E SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2015/2016?3. Bagaimana kemampuan kreativitas (apptitude) siswa kelas X-E SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2015/2016?4. a) Adakah hubungan kemampuan keruangan terhadap hasil belajar kimia dalam penerapan pendekatan scientific pada materi hidrokarbon kelas X-E SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2015/2016?b) Adakah hubungan kreativitas (apptitude) terhadap hasil belajar kimia dalam penerapan pendekatan scientific pada materi hidrokarbon kelas X-E SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2015/2016?c) Adakah hubungan kemampuan keruangan dan kreativitas (apptitude) siswa terhadap hasil belajar kimia dalam penerapan pendekatan scientific pada materi hidrokarbon kelas X-E SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2015/2016? 5. a) Adakah pengaruh kemampuan keruangan terhadap hasil belajar kimia dalam penerapan pendekatan scientific pada materi hidrokarbon kelas X-E SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2015/2016? b) Adakah pengaruh krativitas (apptitude) terhadap hasil belajar kimia dalam penerapan pendekatan scientific pada materi hidrokarbon kelas X-E SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2015/2016? c) Adakah pengaruh kemampuan keruangan dan kreativitas (apptitude) siswa terhadap hasil belajar kimia dalam penerapan pendekatan scientific pada materi hidrokarbon kelas X-E SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2015/2016 ? Tujuan dari penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui efektifitas Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan scientific. 2. Untuk mengetahui kemampuan keruangan siswa kelas X-E SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2015/2016. 3. Untuk mengetahui kemampuan kreatifitas kelas X-E SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2015/2016.4.a) Untuk mengetahui hubungan kemampuan keruangan terhadap hasil belajar kimia dalam penerapan pendekatan scientific pada materi hidrokarbon kelas X-E SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2015/2016.b) Untuk mengetahui hubungan kreativitas (apptitude) terhadap hasil belajar kimia dalam penerapan pendekatan scientific pada materi hidrokarbon kelas X-E SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2015/2016.c) Untuk mengetahui hubungan antara kemampuan keruangan dan kecerdasan kemampuan kreativitas (apptitude) siswa terhadap hasil belajar kimia dalam penerapan pendekatan saintifik pada materi hidrokarbon kelas X-E SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2015/2016. 5.a) Untuk mengetahui kemampuan keruangan terhadap hasil belajar kimia dalam penerapan pendekatan scientific pada materi hidrokarbon kelas X-E SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2015/2016.b) Untuk mengetahui pengaruh krativitas (apptitude) terhadap hasil belajar kimia dalam penerapan pendekatan scientific pada materi hidrokarbon kelas X-E SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2015/2016.c) Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan kemampuan keruangan dan kreativitas (apptitude) siswa terhadap hasil belajar kimia dalam penerapan pendekatan scientific pada materi hidrokarbon kelas X-E SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2015/2016. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: Pembelajaran dengan menerapkan pendekatan scientific yang diterapkan pada pembelajaran kimia dengan materi hidrokarbon peserta didik kelas X ESMA Negeri 7 Kupang. Secara rinci dapat disimpulkan sebagai berikut:Guru mampu dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan scientific pada materi hidrokarbon yang ditunjukkan oleh skor rata-rata 4,37 termasuk dalam kategori baik. Ketuntasan Indikator hasil belajar dengan menerapkan pendekatan scientific meliputi: Ketuntasan indikator hasil belajar sikap spiritual (KI-1) diperoleh dari nilai rata-rata angket dan observasi sebesar 0,89 dan 0,89 dinyatakan tuntas. Ketuntasan indikator hasil belajar sikap sosial (KI-2) diperoleh dari nilai rata-rata angket dan observasi sebesar 0,77 dan 87,25 dinyatakan tuntas. Ketuntasan indikator hasil belajar kognitif (KI-3) dinyatakan tuntas dengan proporsi rata-rata sebesar 89,7.Ketuntasan indikator hasil belajar ketrampilan (KI-4) diperoleh dari proporsi rata-rata indikator psikomotor, presentasi, portofolio dan THB proses sebesar 0,918, 0,92, 0,89, dan 0,88 dinyatakan tuntas.Ketuntasan hasil belajar dengan menerapkan pendekatan scientific meliputi: Ketuntasan hasil belajar sikap spiritual (KI-1) dinyatakan tuntas dengan nilai rata-rata sebesar 84,10. Ketuntasan hasil belajar sikap sosial (KI-2) dinyatakan tuntas dengan nilai rata-rata sebesar 84,77. Ketuntasan hasil belajar pengetahuan (KI-3) dinyatakan tuntas dengan nilai rata-rata sebesar 83,73.Ketuntasan hasil belajar keterampilan (KI-4) dinyatakan tuntas dengan nilai ratarata sebesar 84,06. Kemampuan Keruangan peserta didik kelas X E SMA Negeri 7 Kupang istimewa dengan skor rata-rata 0,80. Kreativitas (aptitude) peserta didik kelas X E SMA Negeri 7 Kupang sangat tinggi dengan nilai rata-rata 84,93.a. Ada hubungan antara kemampuan keruangan dengan hasil belajar kimia yang menerapkan pendekatan scientific pada materi hidrokarbon peserta didik kelas X E SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2015/2016 dengan korelasi pearson product moment diperoleh nilai rX1Y = 0,72 Ada hubungan antara Kreatifitas (aptitude) dengan hasil belajar kimia yang menerapkan pendekatan scientific pada materi hidrokarbon peserta didik kelas X E SMA Negeri 7 Kupang tahun xvii pelajaran 2015/2016 dengan korelasi Pearson Product Moment rX2Y = 0,554.Ada hubungan antara kemampuan keruangan dan kreatifitas (aptitude) terhadap hasil belajar kimia yang menerapkan pendekatan scientific pada materi hidrokarbon peserta didik kelas X E SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2015/2016 dengan korelasi ganda diperoleh nilai rX1X2Y = .a. Ada pengaruh antara kemampuan keruangan terhadap hasil belajar kimia dengan menerapkan pendekatan scientific pada materi hidrokarbon peserta didik kelas X E SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2015/2016 yang diperoleh dari persamaan garis regresi sederhana Yˆa + b1X1 = Ada pengaruh antara kreatifitas (aptitude) terhadap hasil belajar kimia dengan menerapkan pendekatan scientific pada materi hidrokarbon peserta didik kelas X E SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2015/2016 yang diperoleh dari persamaan regresi sederhana Yˆa + b2X2 = 6,02 + 0,19X2. Ada pengaruh antara kemampuan keruangan dan kreatifitas (aptitude) terhadap hasil belajar kimia dengan menerapkan pendekatan scientific pada materi hidrokarbon peserta didik kelas X E SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2015/2016 yang diperoleh dari persamaan garis regresi ganda. = a + b1X1 + b2X2 = = + X1 + 0,163x2

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Program Studi Kimia
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 14 Jun 2022 02:27
Last Modified: 14 Jun 2022 02:27
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6827

Actions (login required)

View Item View Item