Penerapan Teknik Roleplayinng Melalui Bimbingan Kelompok Untuk Mengurangi Perilaku Bullying Di Sekolah (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Peserta Didik Kelas XI IPS SMAK Sint Carolus Penfui Tahun Pelajaran 2018/2019).

JELITA, Yoviana (2019) Penerapan Teknik Roleplayinng Melalui Bimbingan Kelompok Untuk Mengurangi Perilaku Bullying Di Sekolah (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Peserta Didik Kelas XI IPS SMAK Sint Carolus Penfui Tahun Pelajaran 2018/2019). Diploma thesis, Universitas katolik Widya mandira.

[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (315kB)
[img] Text
BAB 1-converted.pdf

Download (105kB)
[img] Text
BAB II-converted.pdf

Download (160kB)
[img] Text
BAB III-converted.pdf

Download (408kB)
[img] Text
BAB IV-converted.pdf

Download (509kB)
[img] Text
BAB V-converted(1).pdf

Download (45kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian iniadalah apakah teknik role playing melalui bimbingan kelompok dapat mengurangi perilaku bullyingsiswa XI IPS SMAK Sint. Carolus Kupang tahun pelajaran 2018/2019?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan teknik role playing melalui bimbingan kelompok melalui mengurangi perilaku bullying siswa kelas XI IPS SMAK Sint. Carolus Kupang tahun pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan tipe penelitian pra-eksperimen one group design pretest posttest. Teknik pengumpulan data berupa wawancara tertulis. Instrumen dalam penelitian ini berupa 1) alat pengumpul data yaitu angket perilaku bullying yang diberikan pada tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) kepadakelompok yang sama, kemudian diberikan treatment berupa pelaksanaan teknik role playing dalam bimbingan kelompok untuk mengurangi perilaku bullying.2) instrumen perlakuan (treatment)berupa pedoman pelaksanaan teknik role playing melalui bimbingan kelompok. Teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil analisis data menunjukkan nilai t hitungsebesar 7,126 sedangkan nilai t tabelpada taraf signifikansi 1 % dengan db = N-2 sebesar 4,604. Dengan demikian nilai t hitung˃ nilai t tabel. Hal ini menunjukkan bahwa teknik role playing melalui bimbingan kelompok dapat mengurangi perilaku bullying siswa kelas XI IPS SMAK Sint Carolus Kupang tahun pelajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti memberikan saran kepada: 1). Kepala sekolah diharapkan untuk meningkatkan kerjasama dengan semua pihak baik konselor sekolah maupun guru mata pelajaran dan wali kelas untuk melaksanakan kegiatan bimbingan kelompok dengan teknik role playing agar dapat membantu siswamengurangi perilaku bullying.2) Guru bimbingan dan konseling diharapkan agar secara berkesinambungan memberikan bimbingan kepada siswa dengan menerapkan teknik role playing untuk mengurangi perilaku bullying. 3)Siswa diharapkan agar secara sadar memanfaatkan teknik setiap layanan bimbingan dengan teknik role playingyang diberikan sehingga dapat mengurangi perilaku bullying

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Florentina B. Wenggu
Date Deposited: 01 Nov 2019 00:55
Last Modified: 01 Nov 2019 00:55
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/685

Actions (login required)

View Item View Item