Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Materi Koloid Siswa Kelas XI IPA SMA Katolik Lamaholot Witihama Tahun Pelajaran 2013/2014

DULI, Proklamariatie Barek (2014) Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Materi Koloid Siswa Kelas XI IPA SMA Katolik Lamaholot Witihama Tahun Pelajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (765kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (173kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (159kB)

Abstract

Lingkungan sekolah merupakan lingkungan dimana anak mendapatkan pendidikan formal, di tempat inilah kegiatan belajar mengajar berlangsung, ilmu pengetahuan diajarkan dan dikembangkan kepada anak didik. Lingkungan sekolah merupakan salah satu faktor yang sangat mempengaruhi hasil belajar siswa. Lingkungan sekolah yang mendukung seperti lingkungan sekolah yang nyaman, tersedianya fasilitas belajar maupun metode mengajar yang bervariasi akan meningkatkan hasil belajar siswa dan sebaliknya. Model Pembelajaran Berbasis Masalah merupakan suatu model pembelajaran yang melibatkan peserta didik untuk memecahkan suatu masalah melalui tahap-tahap metode ilmiah sehingga peserta didik dapat mempelajari pengetahuan yang berhubungan dengan masalah tersebut dan sekaligus memiliki keterampilan untuk memecahkan masalah. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana efektifitas penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa materi koloid siswa kelas XI IPA SMA Katolik Lamaholot Witihama tahun pelajaran 2013/2014? Secara spesifik dapat diuraikan sebagai berikut: a. Bagaimana kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah materi koloid siswa kelas XI IPA SMA Katolik Lamaholot Witihama tahun pelajaran 2013/2014? b. Bagaimana ketuntasan indikator dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah materi koloid siswa kelas XI IPA SMA Katolik Lamaholot Witihama tahun pelajaran 2013/2014? c. Bagaimana hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah materi koloid siswa kelas XI IPA SMA Katolik Lamaholot Witihama tahun pelajaran 2013/2014?. 2) Bagaimana lingkungan sekolah siswa kelas XI IPA SMA Katolik Lamaholot Witihama tahun pelajaran 2013/2014? 3) Adakah hubungan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa pada penerapan model pembelajaran berbasis masalah materi koloid siswa kelas XI IPA SMA Katolik Lamaholot Witihama tahun pelajaran 2013/2014?. 4) Adakah pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa pada penerapan model pembelajaran berbasis masalah materi koloid siswa kelas XI IPA SMA Katolik Lamaholot Witihama tahun pelajaran 2013/2014? Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mengetahui efektifitas penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa materi koloid siswa kelas XI IPA SMA Katolik Lamaholot Witihama tahun pelajaran 2013/2014. Secara spesifik dapat diuraikan sebagai berikut: a. Mengetahui kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah materi koloid siswa kelas XI IPA SMA Katolik Lamaholot Witihama tahun pelajaran 2013/2014. b. Mengetahui ketuntasan indikator dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah materi koloid siswa kelas XI IPA SMA Katolik Lamaholot Witihama tahun pelajaran 2013/2014. c. Mengetahui hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah materi koloid siswa kelas XI IPA SMA Katolik Lamaholot Witihama tahun pelajaran 2013/2014. 2) Mengetahui lingkungan sekolah siswa kelas XI IPA SMA Katolik Lamaholot Witihama tahun pelajaran 2013/2014. 3) Mengetahui ada ada tidaknya hubungan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa pada penerapan model pembelajaran berbasis masalah materi koloid siswa kelas XI IPA SMA Katolik Lamaholot Witihama tahun pelajaran 2013/2014. 4) Mengetahui ada tidaknya pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa pada penerapan model pembelajaran berbasis masalah materi koloid siswa kelas XI IPA SMA Katolik Lamaholot Witihama tahun pelajaran 2013/2014. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Katolik Lamaholot Witihama Tahun Pelajaran 2013/2014. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan statistik. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran Berbasis Masalah. Dari analisis data disimpulkan bahwa: 1) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai r sebesar 0,8 yang berarti derajat hubungan antara lingkungan sekolah dan hasil belajar siswa sangat baik. 2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan persamaan regresi = 61,06 + 0,3X yang artinya lingkungan sekolah berpengaruh terhadap hasil belajar sebesar 0,3 atau setiap perubahan 1 satuan lingkungan sekolah maka hasil belajar siswa akan berubah sebesar 0,3.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.KM Ustyn Ceme
Date Deposited: 18 Jun 2022 01:31
Last Modified: 18 Jun 2022 01:31
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6876

Actions (login required)

View Item View Item