Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan petani sayur di Dusun Dendeng Desa Noelbaki Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang

BRIA, Marselina Julia (2018) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan petani sayur di Dusun Dendeng Desa Noelbaki Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
FILE ABSTRAK.pdf

Download (808kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (382kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (528kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (292kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (678kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (278kB)

Abstract

Penelitian ini ditulis oleh Marselina Julia Bria (31114039) Program Studi Ekonomi Pembangunan dibawah bimbigan Dosen Pembimbing I Bapak Danisel Taolin, SE.M.Si dan Pembimbing II Ibu Emiliana Martuti Lawalu, SE,ME dengan judul penelitian “Faktor –Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Petani Sayur Di Dusun Dendeng Desa Noelbaki Kecamatan Kupang TengahKabupaten Kupang”.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor tenaga kerja, modal dan tingkat produktivitas terhadap pendapatan petani sayur di Dusun Dendeng Desa Noelbaki Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang.Penelitian ini dilaksanakan di Dusun Dendeng Desa Noelbaki Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang. Dalam penelitian ini data yang diperoleh berupa hasil wawancara, pengamatan, dan kuesioner. Dalam penelitian ini diambil 37 orang petani sebagai sampel dan data yang terkumpulditabulasi. Analisis penelitian ini yaitu analisis regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS untuk menguji pengaruh faktor tenaga kerja, modal dan tingkat produktivitas terhadap pendapatan petani sayur.Hasil penelitian dari analisis Statistik Deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata tenaga kerja (X1) yaitu 5,62, modal (X2) yaitu 17,890 dan produktivitas yaitu 1,905. Dan analisis Statistik Inferensial menunjukkan bahwa variabel independen X1,X2 dan X3 berpengaruh secara simultan dan parsial dan signifikan terhadap Pendapatan petan Sayur dimana uji F (14.869) dan uji t (2.008) dengan R-Squarenya 0,683. Dan sebesar 68% pendapatan Petani sayur dijelaskan oleh faktor –faktor X1(tenaga kerja), X2 (modal) dan X3 (Produktivitas) 32% dijelaskan oleh faktor –faktor yang tidak diteliti. Saran dari penelitian ini adalah:(1) agar usaha petani sayur di Dusun Dendeng Desa Noelbaki semakin meningkat atau lebih maju lagi maka perlu adanya perhatian yang serius dari pemerintah setempat melalui instansi –instansi yang berkait, dalam hal ini pemberian modal usaha, pemberian penyuluhan bagi para petani sayur di Dusun Dendeng Desa Noelbaki Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang. (2) kepada para petani sayur disarankan untuk terus meningkatkan jumlah modal, dan meningkatkan produktivitas sayuran sehingga pendapatan yang akan diperoleh pun akan meningkat. Hal ini berguna bagi kesejahteraan hidup para petani sayur yang berada di Dusun Dendeng Desa Noelbaki Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan, TenagaKerja, Modal dan Tingkat Produktivitas.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Ekonomi Pembangunan
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 01 Nov 2019 00:55
Last Modified: 01 Nov 2019 00:55
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/694

Actions (login required)

View Item View Item