Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Ekskresi Pada Manusia Di SMPN 11 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019.

KOPONG LAOT, Jonirudin (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Ekskresi Pada Manusia Di SMPN 11 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Universitas katolik Widya mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (497kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (154kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (142kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (396kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (530kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (99kB)

Abstract

Permasalahan dalam dunia pendidikan salah satunya adalah hasil belajar peserta didik yang rendah. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran masih didominasi dengan penyampaian informasi, bukan ditekankan pada pemrosesan informasidankegiatan pembelajaran tersebut masih berpusat pada kegiatan mendengarkan dan menghafal, bukan interpretasi dan memaknaiapa yang dipelajari. Guru masih mendominasi prosespembelajaransehingga kurang memberikan peluang bagi peserta didikuntuk berkreasi, berkembang, dan menunjukkan kemampuan yang beragam.Upaya yang dilakukan pendidik untuk mengatasi permasalahan terkait hasil belajar dengan adanya daya dukung yang memadai dan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIIIpadamateri pokok sistem ekskresi pada manusia di SMPN 11 Kupang tahun ajaran 2018/2019.Jenis penelitianyang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakanadalahpra-test danpasca-tes dengan kelompok pengendali tidak diacak.Data dikumpulkan melalui observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik pada kelas yang diberi model pembelajaran inkuiri terbimbingmemperoleh rata-rata hasil belajar sebesar 78,12 dantuntas dengan persentase ketuntasan menurut KKM yang ditetapkan SMPN 11 Kupang sebesar 93,75%dan menurut SKM yang ditetapkan DEPDIKNAS sebesar 71,88%, dan pada hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa nilai probabilitas kelas yang diberi model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan nilai F hitung yaitu sebesar 30,78pada taraf signifikan 0,000 atau lebih kecil dari 0,05. Aktivitas peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing diperoleh rata-rata reliabilitas 87% sedangkan aktivitas peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran langsungdengan rata-rata reliabilitas 83,43%. Kemampuan guru dengan model pembelajaran inkuiri terbimbingdiperolehrata-rata reliabilitas 98,81% sedangkan kemampuan guru dengan model pembelajaran langsung dengan rata-rata reliabilitas 97,29%.Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi pokok sistem ekskresi pada manusia di SMPN 11 Kupang tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar, Sistem Ekskresi Pada Manusia.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Florentina B. Wenggu
Date Deposited: 01 Nov 2019 00:59
Last Modified: 01 Nov 2019 00:59
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/695

Actions (login required)

View Item View Item