Efektivitas Penerapan Teknik Self Management Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Penyesuaian Sosial Siswa Di Sekolah (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas VIIIK SMP Negeri 2 Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019.

ARAN, Mariana Benedikta B. (2019) Efektivitas Penerapan Teknik Self Management Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Penyesuaian Sosial Siswa Di Sekolah (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas VIIIK SMP Negeri 2 Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019. Diploma thesis, Universitas katolik Widya mandira.

[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (249kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (334kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (462kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (553kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (166kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan teknik self managementmelalui layanan bimbingan kelompok efektif meningkatkan penyesuaian sosial siswa kelas VIIIK SMP Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2018/2019?. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektifitas penerapan teknik self management melalui layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan penyesuaian sosial siswa kelas VIII K SMP Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2018/2019.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan tipe penelitian pra-eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara tertulis. Alat pengumpulan data berupa angket penyesuaian sosial siswa.Teknik analisis data menggunakan rumus uji t. Hasil analisis menunjukkan nilai t hitung sebesar 6,375 sedangkan nilai t tabel pada taraf signifikansi 1 % sebesar 4,032 . Dengan demikian nilai t hitung > nilai t tabel.Hal ini menunjukkan bahwa teknik self management melalui layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan penyesuaian sosial siswa kelas VIII K SMP Negeri 2 Kupang.Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti memberikan saran kepada: 1) Kepala sekolahdiharapkan untuk meningkatkan kerjasama dengan guru BK untuk memperlancar kegiatan -kegiatan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self managemet agar dapat membantu siswa meningkatkan penyesuaian sosial siswa. 2)Guru BK diharapkan agar secara berkesinambungan memberikan bimbingan kepada siswa dengan teknik self management untuk meningkatkan penyesuaian sosial siswa. 3)Siswa diharapkan agar memanfaatkan setiap layanan bimbingan kelompok dengan teknik self managementyang diberikan sehingga dapat meningkatkan penyesuaian sosial siswa di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Florentina B. Wenggu
Date Deposited: 01 Nov 2019 02:22
Last Modified: 01 Nov 2019 02:22
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/699

Actions (login required)

View Item View Item