Hubungan Perubahan Kelompok Tenaga Kerja Terhadap Produksi, Waktu Penyelesaian Proyek, Biaya Proyek Serta Keuntungan Proyek

MAUK, Yunita Florida (2019) Hubungan Perubahan Kelompok Tenaga Kerja Terhadap Produksi, Waktu Penyelesaian Proyek, Biaya Proyek Serta Keuntungan Proyek. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (933kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (404kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (207kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (991kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (112kB)

Abstract

Tolak ukur keberhasilan proyek biasanya dilihat dari waktu penyelesaian yang singkat dengan biaya yang minimal tanpa meninggalkan mutu hasil pekerjaan. Tercapainya tujuan dalam proyek juga dibutuhkan sumberdaya yang optimal dan berkualitas agar dalam pelaksanaannya proyek dapat berjalan dengan baik. Sumber daya yang dimaksudkan dalam pelaksanaan proyek adalah tenaga kerja, material dan peralatan. Dalam pelaksanaanya tenaga kerja maupun peralatan bekerja secara bersama-sama. Namun seringkali pada item pekerjaan tertentu tenaga kerja dan alat tidak bekerja secara optimal,karena produksi yang terjadi untuk menyelesaikan suatu pekerjaan adalah produksi yang terkecil. Dan produksi yang terkecil sering terjadi pada tenaga kerja. Hal ini menyebabkan alat menunggu (menganggur). Sehingga menyebabkan biaya proyek bertambah. Oleh sebab itu perlu dilakukan penambahan kelompok tenaga kerja agar terjadi keseimbangan antara produksi alat dan produksi manusia agar dapat mengurangi biaya produksi alat. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa besar perubahan produksi, waktu penyelesaian proyek, biaya proyek serta keuntungan proyek akibat penambahan kelompok tenaga kerja. Pada item pekerjaan Timbunan Pilihan Untuk Lereng Tepi Saluran, produksi RABnya 2.68 M3/jam setelah dilakukan penambahan kelompok tenaga kerja 14 kelompok produksinya meningkat sebesar 37.50 M3/jam atau 262.52 M3/hari (dikalikan dengan jam kerja efektif 7 Jam), akibat produksi meningkat maka waktu penyelesaiannya semakin berkurang yang awalnya dapat diselesaikan dalam 14.69 hari setelah penambahan kelompok tenaga kerja item pekerjaan tersebut dapat diselesaikan dalam waktu 1.05 hari. Sedangkan untuk biaya proyek RABnya sebesar Rp 58,048,935.93 setelah ditambahkan kelompok tenaga kerja biayanya meningkat sebesar Rp 65,492,042.26 akibat biaya proyeknya meningkat maka keuntungannya akan berkurang sebesar Rp 1,638,212.74. Dengan melihat hasil analisis dan pembahasan serta kesimpulan yang ada maka disarankan untuk perlu diperhatikan tenaga kerja (pengalaman) dan peralatan (produktivitas) agar dapat meningkatkan produksi sehingga diperoleh biaya yang kecil dan keuntungan yang besar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Biaya Proyek, Kelompok Tenaga Kerja, Keuntungan, Produksi, Waktu Penyelesaian,
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: andre berek
Date Deposited: 01 Nov 2019 01:11
Last Modified: 01 Nov 2019 01:11
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/700

Actions (login required)

View Item View Item