SUEK, Imelda Anthonia (2022) Perbandingan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Free Discovery Dan Guided Discovery Pada Materi Hukum-Hukum Dasar Kimia Kelas X Ipa Sma Negeri 1 Rote Timur. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.
Text
ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (98kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (173kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (259kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (83kB) |
Abstract
Program Studi Pendidikan kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Katolik Widya Mandira Kupang Model pembelajaran Free Discovery adalah pembelajaran penemuan bebas yakni pembelajaran penemuan tanpa adanya petunjuk atau arahan dari guru Sedangkan model pembelajaran Guided Discovery adalah pembelajaran penemuan terbimbing yakni pembelajaran yang membutuhkan peran guru sebagai fasilitator dalam proses pembelajarannya. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mengetahui hasil belajar peserta didik kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Rote Timur pada materi hukum-hukum dasar kimia dengan menerapkan model pembelajaran Free Discovery, (2) Mengetahui hasil belajar peserta didik kelas X IPA 2 SMA Negeri 1 Rote Timur pada materi hukum-hukum dasar kimia dengan menerapkan model pembelajaran Guided Discovery, (3). Mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Free Discovery dan Guided Discovery pada materi hukum-hukum dasar kimia kelas X IPA SMA Negeri 1 Rote Timur. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan komparatif. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPA 1 dan X IPA 2 peserta didik SMA Negeri 1 Rote Timur. Teknik pengumpulan data yakni observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptif dan statistik. Dari hasil analisis data diperoleh: (1) Hasil belajar peserta didik kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Rote Timur pada materi hukum-hukum dasar kimia dengan menerapkan model pembelajaran Free Discovery tuntas dengan nilai akhir yang diperoleh yaitu 83,51, (2) Hasil belajar peserta didik kelas X IPA 2 SMA Negeri 1 Rote Timur pada materi hukum-hukum dasar kimia dengan menerapkan model pembelajaran Guided Discovery tuntas dengan nilai akhir yang diperoleh yaitu 85,41, (3) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Free Discovery dan Guided Discovery pada materi hukum-hukum dasar kimia kelas X IPA SMA Negeri 1 Rote Timur dengan nilai thitung < tTabel (-2,134 < 2,024) atau sig > 0,05 (0,446 > 0,05).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Model Pembelajaran Free Discovery, Model Pembelajaran Guided Discovery |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | S.Pd Imelda Anthonia Suek |
Date Deposited: | 23 Sep 2022 07:00 |
Last Modified: | 23 Sep 2022 07:00 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/7015 |
Actions (login required)
View Item |