Efektifitas Penerapan Teknik Sosiodrama Melalui Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Aktivitas Bertanya Siswa (Studi Deskriptif-Kuantitatif pada Siswa Kelas VIIIB SMP Angkasa Kupang Tahun Pelajaran 2018 / 2019).

LEDI, Serkian (2019) Efektifitas Penerapan Teknik Sosiodrama Melalui Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Aktivitas Bertanya Siswa (Studi Deskriptif-Kuantitatif pada Siswa Kelas VIIIB SMP Angkasa Kupang Tahun Pelajaran 2018 / 2019). Diploma thesis, Universitas katolik Widya mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (292kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (276kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (781kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (163kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Penerapan Teknik Sosiodrama dalam bimbingan kelompok dapat mereduksi Aktivitas Bertanya pada pelajaran IPS?. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan terknik sosiodrama dalam bimbingan kelompok meningkatkan aktivitas bertanya siswa pada pelajaran IPS.Penelitian ini adalah kuantitatif dengan tipe pra eksperimen. Instrumen penelitian berupa panduan pelaksanaan penerapan teknik sosiodrama melalui bimbingan kelompok dengan mengunakan panduan observasi. Analisis data penelitian dilakukan persubjek dengan cara mentabulasikan hasil pengukuran setiap subjek penelitan pada tahap baseline 1(A1) dan Baseline 2(A2) dan menggambarkan dalam grafik.Komponen yang dianalisis dalam penelitian ini meliputi kecenderungan / trend stabilitas perubahan level yang terjadi pada fase baseline 1(A1) dan fase baseline 2(A2). Hasil analisis data penelitian menunjukan bahwa penerapan teknik sosiodrama melalui bimbingan kelompok dapat menigkatkan aktivitas bertanya siswa kelas VIIIB IPS, yang dibuktikan dengan perubahan level kecenderungan / trend stabilitasyang cederung rendah pada fase baseline 1 (A1), dan cenderung tinggi pada fase baseline2 (A2), setelah dilakukan treatment menggunakan penerapan teknik sosiodrama melalui bimbingan kelompok. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa aktivitas bertanya siswa pada saat mengikuti mata pelajaran IPS siswa kelas VIIIBSMP Angkasa Kupang dapat di tingkatkan melalui bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik sosiodrama. Berdasarkan hasil penelitan ini, maka peneliti mengemukakan saran sebagai berikut: (1) Kepala sekolah, selaku pemimpin di sekolah agar dapat meningkatkan kerjasama dengan seluruh personil sekolah guna membantu siswa dalam meningkatkan aktivitas bertanya siswa pada setiap mata pelajaran.(2)Guru BK, agar dapat membangun kerjasama yang baik dengan semua personil sekolah untuk mengontrol dan mendorong siswa dengan melaksanakan layanan konseling kelompokdi sekolahagar memberikan layanan konseling kepada siswa yang mengalami masalahaktivitas bertanya sehingga siswa bisa mengatasi masalahnya. (3)Siswa-siswi dapat memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling yang disediakan oleh guru BK dan dapat memperoleh pemahaman tentang aktivitas bertanya dan cara-cara untuk meningkatkan aktivitas bertanya yang mereka alami sehingga siswa-siswa menjadi percaya diri ketika akan berbicara di depan kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Florentina B. Wenggu
Date Deposited: 01 Nov 2019 02:46
Last Modified: 01 Nov 2019 02:46
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/706

Actions (login required)

View Item View Item