PAREIRA, Fitriana Vonny (2022) Kinerja Guru Di SDN Fatuba'a Kabupaten Belu. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.
Text
ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (386kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (489kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (560kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (612kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (483kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Download (941kB) |
Abstract
Skripsi ini berjudul “ Kinerja guru di SDN Fatuba’a Kabupaten Belu’’ dengan tujuan menggambarkan Bagaimana kinerja guru yang ada di SDN Fatuba’a dan faktor pendukung serta faktor penghambat dalam pengelolaan pembelajaran di SDN Fatuba’a Kabupaten Belu. Kinerja guru sangat diperlukan diberbagai sekolah termasuk di SDN Fatuba’a Kabupaten Belu. Sehingga kewajiban bagi guru untuk meningkatkan Kinerja sudah jelas, mengingat hal ini sudah ada di dalam undang-undang guru No 14 Tahun 2005 yaitu bahwa setiap guru wajib memiliki kompetensi dan salah satunya merupakan peningkatan Kinerja. Oleh sebab itu guru memiliki peranan yang sangat penting dalam mencapai tujuan pendidikan Nasional. Untuk mencapai tujuan pendidikan tersebut harus didukung oleh kinerja guru yang baik. Untuk mencapai tujuan tersebut maka peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh dari hasil penelitian diolah dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif untuk mengetahui dan memberi gambaran mengenai kinerja guru yang ada di SDN Fatuba’a Kabupaten Belu. Hasil penelitian menurut UU No 23 Tahun 2005 tentang sistem pendidikan ini menunjukkan bahwa: 1) Tidak ada kopetensi paedagogik khusus yang digunakan untuk mengukur kinerja guru dalam penyusunan rancangan dan pelaksanaan pembelajaran ( RPP) di SDN Fatuba’a. 2) Belum adanya pembagian tugas guru untuk mengajar sesuai dengan bidang dan keahliannya di SDN Fatuba’a. 3) Sarana dan prasarana pembelajaran yang belum memadai, seperti alat bantu peraga pembelajaran masih kurang di SDN Fatuba’a Kabupaten Belu. Saran yang ingin saya sampaikan kepada para Guru yang ada di SDN Fatuba’a, agar melakukan pembagian tugas mengajar sesuai kompetensi di bidang keahlian masing-masing guru serta perlu dilakukan peningkatan kapasitas guru dengan berbgai pelatihan dan juga perlu dilakukan evaluasi berkala terhadap kinerja guru untuk memberikan feedback ( masukan ) dan perbaikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kinerja Guru, Proses Pembelajaran, Feedback, Workshop |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik |
Depositing User: | S.AP FITRIANA VONNY PAREIRA |
Date Deposited: | 12 Jul 2022 01:08 |
Last Modified: | 12 Jul 2022 01:08 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/7126 |
Actions (login required)
View Item |