KAJIAN MASALAH BELAJAR SISWA DAN IMPLIKASINYA BAGI LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR (Studi Deskriptif-Analitik Terhadap Siswa Kelas XI IPA SMAK St. Thomas Aquinas Weetebula Sumba Barat Daya Tahun Ajaran 2010/2011)

Malli Ngara, Melkianus (2011) KAJIAN MASALAH BELAJAR SISWA DAN IMPLIKASINYA BAGI LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR (Studi Deskriptif-Analitik Terhadap Siswa Kelas XI IPA SMAK St. Thomas Aquinas Weetebula Sumba Barat Daya Tahun Ajaran 2010/2011). Diploma thesis, Widya Mandira Catholic Univercity.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (216kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (117kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah: 1). Jenis-jenis masalah belajar apa saja yang dialami oleh peserta didik kelas XI IPA SMAK St. Thomas Aquinas Weetebula. 2) jenis-jenis masalah belajar belajar manakah yang dominan dialami oleh kelas XI IPA SMAK St. Thomas Aquinas Weetebula. 3) bagaimana implikasinya bagi layanan bimbingan belajar. Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka tujuan penelitian ini adalah ; untuk mengetahui jenis-jenis masalah belajar serta masalah yang dominan dialami oleh peserta didik dan untuk mengetahui implikasi layanan bimbingan belajar yang diperuntukan bagi siswa kelas XI IPA SMAK St. Thomas Aquinas Weetabula Sumba Barat Daya. Lokasi penelitian: SMAK St. Thomas Aquinas Weetebula Kecamatan Loura Kabupaten Sumba Barat Daya yang dimulai pada bulan April – Juni 2011. Metode yang digunakan dalam penilitian ini adalah deskriptif dan kuantitatif. Alat yang digunakan adalah daftar inventari berupa AUM (Alat Ungkap Masalah) khusus tentang masalah belajar yang terdiri dari 55 item. Hasil yang diperoleh dalam penilitian ini berupa: Jenis-jenis masalah belajar yang dominan dialami oleh peserta didik, penulis mengambil 11 jenis masalah belajar sesuai dengan tingkatan atau urutan dominannya yaitu: 1) sering malas belajar, 2) kurangnya konsentrasi siswa dalam mengikuti pelajaran, 3) Kesulitan dalam mengingat materi belajar, 4) sering tidak siap dalam menghadapi ujian, 5) Tugas-tugas pelajaran tidak selesai pada waktunya, 6) mengalami masalah dalam menyusun makala, laporan atau karya tulis ilmiah lainnya, 7) mengalami masalah dalam menjawab pertanyaan ujian , 8) kuatir tugas-tugas pelajaran hasilnya kurang memuaskan, 9) kuatir memperoleh nilai rendah dalam ujian, 10) Tidak mampu menerapkan atau tidak mengetahui cara-cara belajar yang baik, 11) mengalami kesulitan dalam menggunakan istilah bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya.. Untuk mengatasi masalah-masalah belajar peserta didik tersebut, maka implikasi layanan bimbingan hendaknya disesuaikan dengan masalah belajar yang dihadapi oleh peserta didik. Berikut penulis mengusulkan program bimbingan belajar yang sesuai dengan masalah peserta didik kelas XI IPA SMK St. Thomas Aquinas yaitu: 1) Perlu diadakan program bimbingan belajar khusus untuk membahas masalah malas belajar, baik melalui pendekatan individual maupun secara kelompok, oleh karena itu konselor dan juga staf guru lainnya harus bekerja sama untuk memotivasi siswa-siswi supaya rajin belajar. Kegiatan ini harus dilaksanakan secara rutin setiap minggu, 2) Untuk mengatasi masalah belajar yang dominan mulai dari masalah nomor 2 sampai dengan masalah nomor 11 maka perlu diadakan program layanan bimbingan belajar dengan materi yang sesuai dengan permasalahan peserta didik seperti: Peningkatan motivasi belajar, peningkatan ketrampilan belajar, pengembangan sikap dan kebiasaan belajar yang baik, 3) Perlu diadakan kerja sama antara guru bidang studi, wali kelas dan konselor untuk melakukan perbaikan-perbaikan pada metode mengajar dan cara menyajikan materi kepada siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education
Depositing User: S.Ptk Damianus Dami
Date Deposited: 18 May 2017 00:16
Last Modified: 18 May 2017 00:16
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/716

Actions (login required)

View Item View Item