Analisis Kesulitan Peserta Didik Kelas VIII UPTD SMPN 2 Kupang Dalam Memahami Materi Pola Bilangan

LELU, Ronaldo Hota (2022) Analisis Kesulitan Peserta Didik Kelas VIII UPTD SMPN 2 Kupang Dalam Memahami Materi Pola Bilangan. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (831kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (299kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (476kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (561kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui kesulitan peserta didik kelas VIII semester II UPTD SMP N 2 Kupang dalam memahami materi pola bilangan tahun ajaran 2021/2022. Kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal pola bilangan terdiri atas tiga jenis, yaitu kesulitan konsep, kesulitan prinsip, dan kesulitan prosedur. Subyek dalam penelitian ini terdiri dari enam peserta didik dengan kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Subyek penelitian juga dipilih berdasarkan kategori dan hasil diskusi antara guru mata pelajaran matematika dan peneliti. Pengumpulan data berupa hasil tes soal pola bilangan dan hasil wawancara berdasarkan indikator kesulitan peserta didik. Analisis data mencakup mengorganisasikan data yang diperoleh dari hasil tes dan wawancara, membaca data, mempelajari dan mengumpulkan informasi berupa kesulitan-kesulitan yang dialami dari kesalahan-kesalahan yang dilakukan dalam mengerjakan tes tertulis dan dari hasil wawancara, menentukan kesulitan yang dialami siswa, dan menyajikan data secara naratif. Pengecekkan keabsahan data menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian memberikan kesimpulan bahwa subyek berkemampuan tinggi mengalami kesulitan dalam menyelesaikan kesulitan-kesulitan prosedur. Subyek berkemampuan sedang dan rendah mengalami kesulitan dalam menggunakan prinsip matematika dan kesulitan dalam menyelesaikan kesulitan-kesulitan prosedur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Peserta Didik, Pola Bilangan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: S.Pd Ronaldo Hota Lelu
Date Deposited: 13 Jul 2022 00:42
Last Modified: 13 Jul 2022 00:42
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/7160

Actions (login required)

View Item View Item