Efektivitas Pengelolaan Kearsipan Surat Pada Kantor Kecamatan Kota Raja Kota Kupang

DJAMI, Do (2022) Efektivitas Pengelolaan Kearsipan Surat Pada Kantor Kecamatan Kota Raja Kota Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (380kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (548kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (513kB)

Abstract

Salah satu sumber informasi penting yang dapat menunjang proses kegiatan administrasi maupun birokrasi adalah Arsip (record), sebagai rekaman informasi dari seluruh aktifitas organisasi, arsip berfungsi sebagai pusat ingatan, alat bantu pengambilan keputusan, bukti eksistensi organisasi dan untuk kepentingan organisasi yang lain. Berdasarkan fungsi arsip yang sangat penting tersebut maka harus ada manajemen atau pengelolaan arsip yang baik dan benar. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Efektivitas pengelolaan kearsipan pada Kantor Kecamatan Kota Raja dan hambatan-hambatan apa sajas dalam proses pengelolaan kearsipan pada Kantor Kecamatan Kota Raja. Tujuan dari penelitian ini Untuk mengetahui Efektivitas pengelolaan kearsipan Surat pada Kantor Kecamatan Kota Raja dan untuk mengetahui hambatan-hambatan dalam pengelolaan kearsipan Surat pada Kantor Kecamatan Kota Raja yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah Camat dan Pegawai Tata Usaha sebanyak 3 orang, sedangkan dalam penelitian ini peneliti menggunakan sumber data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode yang peneliti gunakan untuk penelitian ini melakukan pendekatan secara deskriptif kualitatif berdasarkan hasil observasi dan wawancara. Setelah dilakukan analisis, hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengelolaan kearsipan pada Kantor Kecamatan Kota Raja pada dasarnya sudah dikatakan cukup baik yaitu sesuai dengan pedoman dan prosedur yang telah ditetapkan, meskipunmasih terdapat beberapa kekurangan. Kekurangan tersebut adalah kurangnya tenaga arsip (arsiparis) untuk mengelola arsip dan merangkap pekerjaan dinas lainnya. Serta tidak memiliki pendidikan tentang kearsipan, fasilitas penunjang dibidang kearsipan tidak begitu memadai, peminjaman arsip yang tidak melalui prosedur, serta banyaknya arsip ditumpuk didalam lemari yang seharusnya arsip tersebut tidak memiliki nilai guna lagi dilakukan penyusutan. Perubahan yang dilakukan terhadap efisiensi kerja pegawai tidak bisa dilaksanakan dengan baik karena minimnya pengetahuan, ketrampilan dibidang kearsipan sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk penyesuaian diri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pengelolaan Kearsipan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: S.AP Do Djami
Date Deposited: 13 Jul 2022 01:03
Last Modified: 13 Jul 2022 01:03
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/7171

Actions (login required)

View Item View Item