Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Bilangan Pecahan

ALENG, Lahal Yusup (2022) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Bilangan Pecahan. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (917kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (419kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan dan penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah bilangan pecahan. Kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah bilangan pecahan terdiri atas tiga jenis, yaitu: kesalahan konsep, kesalahan prosedural dan kesalahan komputasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII F yang berjumlah 28 orang siswa. Dari hasil identifikasi berdasarkan lembar jawaban dan hasil wawancara pada subjek penelitian. Penyebab kesalahan yang dilakukan siswa kelas VII F adalah 1) kesalahan konsep yaitu siswa tidak memahami apa yang diketahui dan ditanya, 2) Kesalahan Prosedural yaitu Kesalahan siswa mencari atau menentukan nilai pembilang dan Kesalahan siswa tidak menyamakan penyebut, 3) Kesalahan Komputasi yaitu Kesalahan dalam menghitung, kurang teliti dalam memahami dan melakukan perhitungan pada soal yang dikerjakan melakukan kesalahan dalam penjumlahan, perkalian dan pembagian pecahan sedangkan Kesalahan dalam hasil akhir, tidak mengunakan simbol satuan dan angka yang tidak tepat. Berdasarkan kesalahan-kesalahan tersbut dapat disimpulkan, bahwa siswa melakukan kesalahan diakibatkan karena tidak memhamai soal, kurang teliti dalam perhitungan, kesalahan dalam penjumlahan, pembagian dan perkalian antar pecahan dan kesalahan dalam menyamakan penyebut serta kesalahan mennetukan nilai pembilang. Oleh sebaba itu, disarankan kepada siswa untuk lebih mendalami lagi konsep dasar dalam matematika khususnya pecahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Kesalahan Siswa, Bilangan Pecahan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: S.Pd Lahal Yusup Aleng
Date Deposited: 13 Jul 2022 01:06
Last Modified: 13 Jul 2022 01:06
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/7172

Actions (login required)

View Item View Item