Analisis Perbandingan Tingkat Kemandirian Keuangan Daerah Dan Efektivitas Penerimaan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Belu Sebelum Dan Sesudah Pemekaran.

BRIA, Gregorius (2019) Analisis Perbandingan Tingkat Kemandirian Keuangan Daerah Dan Efektivitas Penerimaan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Belu Sebelum Dan Sesudah Pemekaran. Diploma thesis, Universitas katolik Widya mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (459kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (304kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (465kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (550kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (675kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (780kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (272kB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana tingkat Kemandirian Keuangan Daerah dan Efektivitas Penerimaan PAD Kabupaten Belu selama periode sebelum pemekaran yang mencakup tahun 2011-2013 dan setelah pemekaran yaitu pada tahun 2014-2016 terjadi? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat Kemandirian Keuangan Daerah dan Efektivitas Penerimaan PAD Kabupaten Belu selama periode sebelum pemekaran yang mencakup tahun 2011-2013 dan setelah terjadinya pemekaran yaitu pada tahun 2014-2016.Jenis data dalam penelitian ini terbagi atas data menurut sumber dan menurut sifat. Data menurut sumber terbagi atas data primer dan data sekunder sedangkan data menurut sifat terbagi atas data kuantitatif dan kualitatif.Data diolah dengan menggunakan teknik analisis Deskriptif Kuantitatif .Berdasarkanhasilpenelitian disimpulkan bahwa tingkat Kemandirian Keuangan Daerah dan Efektivitas Penerimaan PAD Kabupaten Belu pada masa sebelum pemekaran daerah yang mencakup tahun 2011-2013 lebih kecil dibandingkan dengan masa sesudah pemekaran daerah yang mencakup tahun 2014-2016. Akan tetapi,apabila dibandingkan dengan persentase pola hubungan rasio kemandirian keuangan daerah dan persentase kriteria efektivitas penerimaan PAD, kemampuan keuangan Kabupaten Belu baik sebelum pemekaran yaitu pada tahun 2011-2013 dan sesudah pemekaran yang mencakup tahun 2014-2016 masih sangat rendah.Melihat dari hasil analisis tersebut maka disarankan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten/ Kota se-daratan Timor agar dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerahnya dari potensi yang ada, sehingga ketergantungan terhadap pemerintah pusat dapat berkurang. Peningkatan PAD dapat dilakukan dengan cara mengembangkan potensi-potensi yang telah ada dan menggali potensi-potensi baru yang dapat dijadikan sebagai sumber PAD daerahnya serta pemerintah daerah diharapkan dapat mengevaluasi kembali potensi-potensi daerah yang dapat dijadikan sumber PAD sebelum menetapkan anggaran dalam tahun berjalan agar tidak terdapat kesenjangan antara target dan realisasi penerimaan PAD yang dipreroleh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemandirian Keuangan Daerah, Efektivitas Penerimaan PAD.
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HG Finance
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Florentina B. Wenggu
Date Deposited: 02 Nov 2019 01:32
Last Modified: 02 Nov 2019 01:32
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/721

Actions (login required)

View Item View Item