Analisis Pemahaman Konsep Statistika Siswa Kelas VIII SMPK St Theresia Kupang

KORANGLAWANG, Henderina (2022) Analisis Pemahaman Konsep Statistika Siswa Kelas VIII SMPK St Theresia Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (642kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (411kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep statistika siswa kelas VIII SMPK St Theresia Kupang tahun ajaran 2021/2022. Subjek dalam penelitian ini yaitu enam orang siswa kelas VIII C. Pengambilan subjek dengan cara dua siswa berkemampuan tinggi, dua sedang dan dua rendah. Data yang dikumpulkan berupa tes pemahaman konsep, wawancara dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berdasarkan indikator pemahaman konsep matematika yaitu menyatakan ulang sebuah konsep yang dipelajari, memberi contoh dan bukan contoh dari konsep yang dipelajari, menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematika, menggunakan, memanfaatkan dan memilih prosedur tertentu dan mengaplikasikan konsep ke pemecahan masalah. Analisis data mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekkan keabsahaan data menggunakan triangulasi waktu. Setelah data dipaparkan dan dianalisis maka disimpulkan bahwa subjek berkemampuan tinggi YD dan CS mampu memahami konsep statistika. Subjek berkemampuan sedang SS dan PD mampu memahami konsep yang ada namun tidak mampu dalam indikator menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur tertentu. Sedangkan subjek berkemampuan rendah MB dan JM tidak mampu dalam memahami konsep statistika, kurangnya pemahaman konsep tersebut ditemukan ketika subjek tidak mampu mencapai beberapa indikator yaitu dalam menyatakan ulang konsep yang dipelajari, menggunakan, memanfaatkan dan memilih prosedur tertentu serta mengaplikasikan konsep atau algoritma ke pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep Dan Statistika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: S.Pd Henderina Koranglawang
Date Deposited: 17 Jul 2022 11:43
Last Modified: 17 Jul 2022 11:43
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/7218

Actions (login required)

View Item View Item