ANGIN, Merlina Barek (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Sistem Ekskresi Pada Manusia Di UPTD SMP Negeri 10 Kupang Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.
Text
ABSTRAK.pdf Download (204kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (128kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (119kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (110kB) |
Abstract
Hasil belajar merupakan kemampuan yang diperoleh individu setelah proses belajar berlangsung, yang dapat memberikan perubahan tingkah laku baik pengetahuan pemahaman, sikap dan keterampilan peserta didik sehingga menjadi lebih baik dari sebelumnya. Salah satuindikator tercapai atau tidaknya suatu proses pembelajaran adalah dengan melihat hasil belajar yang dicapai oleh peserta didik. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, masalahyang ditemukan adalah hasil belajar peserta didik rendah. Rendahnya hasil belajar pesertadidik dikarenakan dalam proses pembelajaran peserta didik tidak ikut dilibatkan. Solusinyaadalah dengan menerapkan model pembelajaran yang dapat melibatkan peserta didik dalamproses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat melibatkan peserta didikadalah model pembelajaran discovery. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhmodel pembelajaran discovery terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi sistem ekskresi pada manusia di UPTD SMP Negeri 10 Kupang tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknikpurposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan dokumentasi. Teknikanalisis data yaitu dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik pada pretest sebesar 30,32 sedangkan postest sebesar 78,39. Hasil uji anacova, menunjukkan bahwa nilai probabilitas (sig) lebih kecil dari taraf signifikan yang digunakan 0,000 < 0,05 sehingga H0 yang menyatakan tidak ada pengaruh model pembelajaran discovery terhadap hasil belajar peserta didik ditolak sedangkan Ha yang menyatakan ada pengaruh model pembelajarandiscovery terhadap hasil belajar peserta didik diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran discovery terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi sistemekskresi pada manusia di UPTD SMP Negeri 10 Kupang tahun ajaran 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, Model Pembelajaran Discovery, Hasil Belajar, Materi Sistem Ekskresi Pada Manusia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | S.Pd Merlina Barek Angin |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 03:47 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 03:47 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/7273 |
Actions (login required)
View Item |