Analisis Kualitas Pelayanan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kupang

SADIA, Falentina G. T (2022) Analisis Kualitas Pelayanan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (757kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (390kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (595kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (316kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul: “Analisis Kualitas Pelayanan Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kupang” dengan rumusan masalah yaitu bagaimana kondisi pelayanan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kupang dan faktor-faktor apa saja yang menghambat aktivitas pelayanan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kupang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan kuaitas pelayanan dan faktor-faktor penghambat pelayana pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kupang. Kerangka teori yang digunakan untuk menjelaskan masalah pokok penelitian dibangun dari konsep yang memuat unsur-unsur kualitas pelayanan menurut Zethmal-Parasurman-Berry (1990) yang menyebutkan pengukuran kualitas pelayanan yang dapat dilihat melalui 5 (lima) unsur kualitas pelayanan diantaranya unsur bukti fisik (tangible), kehandalan (reliabillity), ketanggapan (responsiveness), jaminan dan kepastian (assurance) dan empati (empathy). Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan proses analisis data dilakukan melalui beberapa tahap diantaranya tahap pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis berdasarkan data penelitian yang diperoleh, pelayanan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kupang secara umum dikatakan baik namun belum bisa disebut berkualitas. Hal ini karena kurang memadainya sarana prasarana penunjang dan kurang tanggapnya pegawai dalam memberikan pelayanan. selain itu adapun faktor yang menghambat aktivitas pelayanan diantaranya adalah kendala jaringan yang sering terganggu, tidak stabil atau bahkan tidak ada sama sekali sehingga memperpanjang waktu pelayanan, listrik yang sering padam, serta perangkat (PC/komputer) yang sering eror atau rusak karena masih menggunakan system lama. Berdasarkan hasil penelitian tersebut saran yang dapat diajukan adalah bahwa Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil perlu melengkapi sarana dan prasarana penunjang pelayanan dan meningkatkan ketanggapan pegawai dalam memberikan pelayanan, sehingga dapat meminimalisir kesalahan-kesalahan dalam pelayanan, demi terciptanya pelayanan yang berkualitas yang memenuhi kebutuhan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Kualitas Pelayanan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: S.AP Falentina G. T. Sadia
Date Deposited: 20 Jul 2022 05:46
Last Modified: 20 Jul 2022 05:46
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/7323

Actions (login required)

View Item View Item