Perlakuan Akuntansi Aktiva Tetap Dan Penyajiannya Dalam Laporan Keuangan Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Kupang

SUWO, Inonsensia (2019) Perlakuan Akuntansi Aktiva Tetap Dan Penyajiannya Dalam Laporan Keuangan Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Kupang. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (372kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (180kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (353kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (269kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (222kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (242kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (96kB)

Abstract

Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Perlakuan Akuntansi Aktiva Tetap dan Penyajiannya Dalam Laporan Keuangan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Kupang ? dan Bagaiaman kesesuaian akuntansi aktiva tetap dan penyajiaanya menurut PP No 71 tahun 2010 pada Dinas Penanam Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Kupang?. tujuan penelitian ini untuk memberikan informasi mengenai perlakuan akuntansi aktiva tetap dan penyajian laporan keuangan pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Kupang Tahun 2016 dan Untuk mengetahui kesesuaian akuntansi aktiva tetap dan penyajiaanya menurut PP No 71 Tahun 2010 pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Kupang. Tempat Penelitian dilakukan pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Kupang pada bulan Januari sampai juli 2019. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara untuk memperoleh informasi yang akurat mengenai masalah yang diteliti, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data dengan cara mencatat dari arsip/ dokumen yang berhubungan dengan data yang diambil. Teknik analisi data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitantif dan deskriptif kualintatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Perlakuan akuntansi aset tetap yang dilakukan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Kupang pada prinsipnya sudah mendekati PP 71 Tahun 2010. Hanya saja pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Kupang dalam menyajikan aktiva tetap peralatan dan mesin dan aktiva tetap jalan, irigasi dan jaringan pada neraca tidak sesuai dengan jumlah perolehan seluruh aktiva tetap tersebut yang tercatat pada kartu inventaris barang. Adapun aktiva tetap yang masa manfaatnya sudah habis dan dalam kondisinya sudah rusak tapi belum melakukan penghapusan. Saran diharapkan Dinas Penanaman Modal dam Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Kupang dalam melakukan penyajian aset tetap pada neraca harus lebih telitih lagi melihat apakah jumlah aset tetap yang dicatat dineraca sudah sesuia dengan jumlah yang tercatat di kartu inventari dan melakukan penghapusan bagi Aset Tetap yang masa manfaatnya telah melampaui batas dan dalam kondisinya sudah rusak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perlakuan Akuntansi Aktiva Tetap dan penyajianyaan laporan keungan.
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 02 Nov 2019 01:56
Last Modified: 02 Nov 2019 01:56
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/733

Actions (login required)

View Item View Item