Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL)Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII Pada Materi Pokok Pencemaran Lingkungan Di SMP Negeri 12 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

HIYETINGKAY, Polikarpus L. (2018) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL)Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII Pada Materi Pokok Pencemaran Lingkungan Di SMP Negeri 12 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (156kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (44kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (94kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (82kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (302kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (61kB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar peserta didik tidak terlepas dari mutu atau kualitas suatu proses pembelajaran. Untuk mendapatkan suatu hasil belajar yang baik tentunya sangat membutuhkan proses dan pendekatan dalam proses pembelajaran. Salah satu faktor yang sangat mempengaruhi hasil belajar adalah pemilihan model pembelajaran tanpa melihat kondisi lingkungan maupun peserta didik. Model problem based larning adalah salah satu model pembelajaran pembeajaran yang dipercaya dapat membuat peserta didik aktif dalam pembelajaran. Model ini merupakan model kontruktif yang melibatkan masalah di kehidupan nyata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada pengaruh penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII pada materi pokok pencemaran lingkungan di SMPN 12 Kupang Tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonrandomized Control group Pretest-Posttest Design,teknik pegumpulan data menggunakan observasi dan test, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskripitif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai hasil belajar peserta didik setelah diberi perlakuan model problem based learning yaitu 41,08% naik menjadi 81,78 % dan model pembelajaran langsung yaitu 35,53% naik menjadi 76,34%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik hal ini dilihat dari signifikan 0,000 > dari signifikan yang ditetapkan yaitu 0,05. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil pengamatan terhadap aktivitas peserta didik dalam menerapkan model problem based learning diperoleh nilai reliabilitas 94,55% dan pembelajaran langsung 87,63%. Hasil pengamatan terhadap kemampuan guru dalam mengelolah pembelajaran dengan menerapkan model problem based learning diperoleh nilai reliabilitas sebesar 98,11% sedangkan pada kelas yang menerapkan model pembelajaran langsung 97,35%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada pengaruh penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII pada materi pokok pencemaran lingkungan di SMPN 12 Kupang tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Hasil belajar, Pencemaran Lingkungan.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 04 Nov 2019 01:05
Last Modified: 04 Nov 2019 01:05
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/735

Actions (login required)

View Item View Item