Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Sistem Ekskresi Pada Manusia Di SMP Negeri 12 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

BURENI, Desiana Elisbeth (2019) Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Sistem Ekskresi Pada Manusia Di SMP Negeri 12 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (631kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (277kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (345kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (526kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (581kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (364kB)

Abstract

Hasil belajar merupakan bagian terpenting dalam pembelajaran. Proses pembelajaran IPA di kelas sering mendapat kendala. Salah satu kendala yang ditemukan yaitu pembelajaran IPA yang dilakukan disekolah tersebut cenderung menggunakan konsep pembeljaran yang berpusat pada guru (Teacher Centerent) Sedangkan peserta didik menerima pembelajaran secara pasif hal ini mengakibatkan hasil belajar peserta didik rendah karena peserta didik kurang memahami apa yang diajarkan oleh guru.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil peserta didik kelas VIII Pada Materi Pokok sistem Ekskresi pada Manusia di SMP Negeri 12 Kupang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi Eksperimen. Desain penelitian yang digunakan pra-test dan pasca-tes dengan kelompok pengendali tidak diacak. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 12 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019 dan Sampel pada penelitian ini peserta didik kelas VIIIc sebagai kelas Eksperimen, Kelas VIIId Sebagai kelas control. Teknik pengumpulan data melalui opservasi dan test. Data dianalisis dengan menggunakan statistic deskriptif untuk mendeskripsikan aktifitas peserta didik dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajarn, menghitung rata-rata hasil peserta didik, dan statistik inferensial yaitu anacova untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata hasil peserta didik pada kelas Eksperimen (model discovery learning ) adalah pada pretes 45,74 dan posttest 85,57 N-Gainnya 0,6 termaksut tinggi. Sedangkan rata-rata hasil belajar peserta didik pada kelas kontrol (Model Pembelajaran Langsung) rata-rata pretest 37,40 dan Posttets 73,33 N-Gaynnya termaksut kategori tinggi. Hasil uji anacova menunjukan bahwa H0 ditolak sedangkan Ha diterima karena signya lebih kecil dari paraf signifikan 0,05. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi pokok sistem ekskresi pada manusia di SMP 12 Kupang tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model Discovery Learning, Sistem Ekskresi Pada Manusia, Hasil Belajar Peserta Didik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 04 Nov 2019 01:08
Last Modified: 04 Nov 2019 01:08
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/736

Actions (login required)

View Item View Item