MANEK, Noviana Klon (2022) Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Scoopy Pada PT. Mitra Pinasthika Mustika (MPM) Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.
Text
ABSTRAK.pdf Download (260kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (511kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (473kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (549kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (268kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (258kB) |
Abstract
Data menunjukkan tingginya persaingan penjualan baik antar dealer penjualan maupun antar merek motor serta terjadi penurunan angka penjualan motor honda scoopy yang signifikan pada lima tahun terakhir. Hal di atas mengindikasikan adanya sumber daya perusahaan yang belum dioptimalkan termasuk kualitas produk (X1), harga (X2), dan promosi (X3). Untuk itu, penelitian ini ditujukan untuk mengetahui gambaran persepsi konsumen tentang kualitas produk, harga, promosi dan keputusan pembelian, dan untuk mengetahui signifikan pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian baik secara simultan parsial. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Tahapan analisis data diawali dengan uji validitas dan reliabilitas dan dilanjutkan dengan analisis deskriptif serta analisis statistik inferensial yang terdiri dari uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, pengujian hipotesis statistik hingga penentuan nilai koefisien determinasi (R2). Hasil analisis data menyimpulkan bahwa persepsi konsumen tentang kualitas produk, harga, dan promosi pada dealer Mitra Pinastika Mustika (MPM) Kupang adalah baik. Hal ini didasarkan pada hasil analisis deskriptif yang dilakukan terhadap keseluruhan variabel dimana rata-rata kategori persepsi responden terhadap kualitas produk adalah 88.77, variabel harga adalah 78.80, dan promosi adalah 84.47. Hasil uji statistic inferensial menunjukkan secara parsial, kualitas produk dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian namun tidak untuk variabel harga. Hal ini dibuktikan dari nilai t hitung Kualitas Produk (X1) dan Promosi (X3) dengan nilai signifikansi sebesar 0.011 dan 0.000 atau lebih kecil dari tingkat alfa yang digunakan yaitu 0.05 (5%). Sedangkan nilai t hitung Harga (X2) sebesar (-.363) dengan nilai signifikansi sebesar 0.717 lebih besar dari tingkat alfa yang digunakan yaitu 0.05 (5%). Secara simultan, kualitas produk, harga dan promosi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal tersebut diketahui dari nilai f hitung sebesar 25.999 dengan tingkat signifikansi 0,000 lebih kecil dari tingkat alfa yang digunakan yaitu 0,05 (5%) yang menerangkan bahwa tiga variabel bebas yakni Kualitas Produk (X1), Harga (X2), dan Promosi (X3) dapat menjelaskan variabel Keputusan Pembelian (Y) sebesar 44.80%. Sedangkan 55.20% lainnya dijelaskan oleh variabel-variabel lainnya yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Dari kesimpulan di atas, diharapkan agar pihak manajemen perusahaan dealer Mitra Pinastika Mustika (MPM) Kupang menyarankan kepada pihak produsen agar memperhatikan ketahanan motor honda Scoopy yang mendapat sorotan dari konsumen, memperhatikan persaingan harga dengan dealer motor honda lainnya berupa pemberian potongan harga maupun bonus yang menarik agar dapat menarik minat pembeli yang lebih banyak lagi, dan juga perlu memperhatikan kualitas promosi seluruh produk yang dipasarkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Produk, Harga, Promosi, Keputusan Pembelian. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HC Economic History and Conditions H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | S.M Noviana K. Manek |
Date Deposited: | 26 Jul 2022 02:29 |
Last Modified: | 26 Jul 2022 02:29 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/7394 |
Actions (login required)
View Item |