Pengaruh Variasi Penggunaan Nilai Konstanta Aspal Rencana Terhadap Nilai Parameter Marshall Pada Campuran Aspal HRS-WC Terhadap Karakteristik Uji Marshall

MARO, Oka Aditya Lorens Maro (2022) Pengaruh Variasi Penggunaan Nilai Konstanta Aspal Rencana Terhadap Nilai Parameter Marshall Pada Campuran Aspal HRS-WC Terhadap Karakteristik Uji Marshall. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (631kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (144kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (135kB)

Abstract

HRS – WC (Hot Rolled Sheet – Wearing Course) adalah salah satu lapis paling atas pada perkerasan jalan yang berhubungan langsung dengan ban kendaraan dan dirancang untuk tahan terhadap perubahan cuaca, gaya geser, tekanan roda ban kendaraan serta memberikan lapis kedap air (Impermeability) untuk lapisan dibawahnya. Pada penelitian ini dilakukan dengan variaisi pengunaan nilai konstanta aspal rencana (2,0, 2,5, dan 3,0) terhadap parameter marshall dalam campuran lapisan HRS – WC. Tujuannya untuk mengetahui pengaruh variasi penggunaan nilai konstanta aspal rencana (2,0, 2,5, 3,0) terhadap parameter marshall dalam campuran lapisan HRS – WC. Manfaatnya dapat dijadikan sebagai bahan referensi Mix Design campuran Lataston (HRS-WC) dan dapat mengetahui nilai konstanta yang baik untuk kadar aspal rencana dalam campuran Lataston (HRS-WC) dengan material dari Quarry Takari Kabupaten Kupang. Hasil analisa uji marshall pada variasi penggunaan nilai konstanta (2,0, 2,5, dan 3,0) aspal rencana dapat disimpulkan bahwa nilai – nilai parameter marshall yang dicapai dalam penelitian ini adalah nilai konstanta 2,0 yang paling ideal karena parameter atau sifat – sifat campuran pada konstanta 2 saling terikat atau berhubungan (stabilitas, flow, MQ, VIM, VMA, VFA, dan kepadatan) dan memenuhi syarat spesifikasi Bina Marga Revisi 3 Tahun 2018 dengan nilai stabilitas = minimum 600 kg, kelelehan (flow) = minimum 3 mm, Marshall Quotient (MQ) = minimum 250 kg/mm, rongga dalam campuran (VIM) = 4% - 6%, rongga dalam agregat (VMA) = minimum 18%, rongga terisi aspal (VFA) = minimum 68%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Lataston (HRS – WC), Variasi Nilai Konstanta (2,0, 2,5, dan 3,0), Uji Marshall.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: S.T OKA ADITYA LORENS MARO
Date Deposited: 16 Aug 2022 02:28
Last Modified: 16 Aug 2022 02:28
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/7411

Actions (login required)

View Item View Item