”Memperkenalkan Tarian Koa Kiko Kreasi Melalui Metode Meniru Dan Drill Bagi Pemuda-Pemudi GMIT Hosana Sungkaen Klasis Kupang Tengah Tahun 2019”

BANI, Fika Henderina Ogalia (2019) ”Memperkenalkan Tarian Koa Kiko Kreasi Melalui Metode Meniru Dan Drill Bagi Pemuda-Pemudi GMIT Hosana Sungkaen Klasis Kupang Tengah Tahun 2019”. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (277kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (136kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (207kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (26kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (123kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (10kB)

Abstract

Jemaat Hosana Sungkaen merupakan salah satu mata jemaat yang berada di wilayah perkotaan yang memiliki peran penting dalam membangun nilai-nilai kebersamaan dan kebudayaan dengan salah satunya adalah tarian tradisional KOA KIKO yang masih terus dilakukan atau dipentaskan dalam setiap acara sesuai dengan kebutuhannya. Permasalahan dalam penilitian ini adalah bagaimana proses pengenalan Tarian KOA KIKO Kreasi bagi pemuda-pemudi Hosana Sungkaen melalui metode Meniru dan Drill. Adapun tujuan dari penilitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana proses pengenalan Tarian KOA KIKO kepada pemuda-pemudi Hosana Sungkaen melalui metode Meniru dan Drill. Pendekatan yang dilakukan yakni pendekatan kualitatif, metode yang digunakan adalah penilitian tindakan lapangan, dan teknik pengumpulan data menggunakan Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Hasil penilitian ini menunjukan upaya yang dilakukan peniliti dalam meningkatkan keterampilan pemuda-pemudi Jemaat Hosana Sungkaen dalam mempraktekan tarian KOA KIKO Kreasi melalui metode Dril, dengan latihan yang dilakukan secara berulang-ulang. Dalam proses ini peneliti memperkalkan gerak tari KOA KIKO kreasi dalam lima kali pertemuan, pertemuan pertama menjelaskan tentang pembelajaran keseluruhan tarian KOA KIKO kreasi mulai dari music pengiring, pakaian, sejarah atau synopsis tarian KOA KIKO itu sendiri. Dan pada pertemuan kedua menjelaskan pola lantai pertama sampai ke tiga diikuti latihan ragam gerak satu sampai tiga. Pertemuan ke tiga menjelaskan pola lantai ragam gerak ke empat dan ke lima. Pertemuan ke empat melakukan pengulangan ragam gerak pertama sampai ke lima dengan menggunakan iringan. Pertemuan ke lima pementasan tarian KOA KIKO kreasi. Kesulitan yang dihadapi pada saat melakukan pengajaran yaitu partisipan selalu lupa gerakan. Upaya yang dilakukan peneliti yaitu dengan terus memberikan peringatan dan contoh, kemudian dilatih secara berulang-ulang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tarian Koa Kiko Kreasi, MetodeDrill,pemuda-pemudi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 04 Nov 2019 01:35
Last Modified: 04 Nov 2019 01:35
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/744

Actions (login required)

View Item View Item