Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization Dan Jigsaw Terhadap Keterampilan Metakognitif Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Di SMPK St. Yoseph Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

PAKERENG, Yolanda H. I (2019) Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization Dan Jigsaw Terhadap Keterampilan Metakognitif Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Di SMPK St. Yoseph Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (353kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (173kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (281kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (98kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (206kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (222kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi penelitian ditemukan dua masalah yaitu rendahnya hasil belajar peserta didik dan ruang untuk metakognitif peserta didik kurang diberdayakan. Hal tersebut karena proses pembelajaran yaitu strategi pembelajaran yang digunakan sebatas strategi pembelajaran biasa tanpa adanya variasi dalam belajar sehingga pembelajaran belum dikatakan efektif yang mengakibatkan peserta didik kurang mengeksplor kemampuannya. Selain itu, proses pembelajaran IPA Biologi hanya menekankan pada penguasaan konsep kognitif yang didapat dengan tes tulis, sedangkan ruang untuk metakognitif kurang diberdayakan. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran kooperatif TAI dan Jigsaw terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar pesertadidikkelas VIII di SMPK St. Yoseph Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPK St. Yoseph Kupang. Sampel penelitian terdiri dari kelas VIII B dan C sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif TAI dan Jigsaw dan peserta didik kelas VIII D Sebagai kelas kontrol yang diberikan perlakuan dengan menggunakan strategi pembelajaran konvensional. Desaindalampenelitian ini pra-test dan pasca-test dengan kelompok pengendali tidak diacak. Teknik pengumpulan datamelalui observasi dan tes.Analisis data digunakan dengan deskripstif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai keterampilan metakognitif dan hasil belajar peserta didik setelah diberi perlakuan dengan menerapkan strategi pembelajaran kooperatif TAI dan Jigsaw yakni41,80 dan 79,75 serta 39,85 dan 75,75 sedangkan strategi pembelajaran konvensionalyaitu 30,65 dan 64,50.Berdasarkan hasil uji anacova menunjukkan bahwa nilai signifikan 0,035 ≤ 0,05 dan 0,002 ≤ 0,05 . Hal tersebut menunjukkan bahwa hipotesis Ho ditolak yaitu tidak ada Pengaruh Strategi Pembelajaran kooperatif TAI dan Jigsaw terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar peserta didik kelas VIII di SMPK St.Yoseph Kupang Tahun Ajaran 2018/2019 dan hipotesis penelitian Ha diterima, artinya ada pengaruh strategi pembelajaran kooperatif TAI dan Jigsaw terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar peserta didik kelas VIII di SMPK. St. Yoseph Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh strategi pembelajaran kooperatif TAI dan Jigsaw terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar peserta didik kelas VIII di SMPK St. Yoseph Kupang Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: TAI,Jigsaw, keterampilan metakognitif,hasil belajar pesertadidik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 05 Nov 2019 00:35
Last Modified: 05 Nov 2019 00:35
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/748

Actions (login required)

View Item View Item