Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Keterampilan Pemecahan Masalah Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Dan Keterampilan Dengan Menerapkan Pendekatan Discovery Learning Pada Materi Pokok Hukum-Hukum Dasar Kimia Peserta Didik Kelas X IPA 5 SMA Negeri 4 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

SIKI, Maria Delegorio Elmaristo (2019) Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Keterampilan Pemecahan Masalah Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Dan Keterampilan Dengan Menerapkan Pendekatan Discovery Learning Pada Materi Pokok Hukum-Hukum Dasar Kimia Peserta Didik Kelas X IPA 5 SMA Negeri 4 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (394kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (536kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (515kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (705kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (977kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (418kB)

Abstract

Proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan discovery learning sebagai proses yang memandu peserta didik untuk memecahkan suatu masalah karena pendekatan discovery learning adalah proses pembelajaran yang menitik beratkan pada mental intelektual para anak didik dalam memecahkan berbagai persoalan yang dihadapi. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana efektifitas penerapan pendekatan discovery learning materi pokok hukum-hukum dasar kimia peserta didik kelas X IPA 5 SMAN 4 Kupang tahun pelajaran 2018/2019? 2) Bagaimana kecerdasan emosional peserta didik kelas X IPA 5 SMAN 4 Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019? (3) Bagaimana keterampilan pemecahan masalah peserta didik kelas X IPA 5 SMAN 4 Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019? (4) Adakah hubungan antara kecerdasan emosional dan keterampilan pemecahan masalah terhadap hasil belajar pengetahun dan keterampilan dengan menerapkan pendekatan discovery learning materi pokok hukum-hukum dasar kimia peserta didik kelas X IPA 5 SMAN 4 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019? (5) Adakah pengaruh antara kecerdasan emosional dan keterampilan pemecahan masalah terhadap hasil belajar pengetahun dan keterampilan dengan menerapkan pendekatan discovery learning materi pokok hukum-hukum dasar kimia peserta didik kelas X IPA 5 SMAN 4 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019? Tujuan utama penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui efektifitas dengan menerapkan pendekatan discovery learning materi pokok hukum-hukum dasar kimia peserta didik kelas X IPA 5 SMAN 4 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. (2) Untuk mengetahui kecerdasan emosional peserta didik kelas X IPA 5 SMAN 4 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. (3) Untuk mengetahui keterampilan pemecahan masalah peserta didik kelas X IPA 5 SMAN 4 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. (4) Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kecerdasan emosional dan keterampilan pemecahan masalah terhadap hasil belajar pengetahun dan keterampilan dengan menerapan pendekatan discovery learning materi pokok hukum-hukum dasar kimia peserta didik kelas X IPA 5 SMAN 4 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. (5) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara kecerdasan emosional dan keterampilan pemecahan masalah terhadap hasil belajar pengetahun dan keterampilan dengan menerapan pendekatan discovery learning materi pokok hukum-hukum dasar kimia peserta didik kelas X IPA 5 SMAN 4 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Dari analisis data diperoleh : (1) Penerapan pendekatan discovery learning efektif pada materi pokok hukum-hukum dasar kimia pada peserta didik kelas X IPA 5 SMAN 4 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. (2) Kecerdasan emosional peserta didik kelas X IPA 5 SMAN 4 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019 baik dengan nilai rata-rata 83,4. (3) Keterampilan Pemecahan Masalah peserta didik kelas X IPA 5 SMAN 4 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019 sangat baik dengan nilai rata-rata 81. (4) Ada hubungan antara kecerdasan emosional dan keterampilan pemecahan masalah terhadap hasil belajar pengetahan dan keterampilan dengan menerapan pendekatan discovery learning materi pokok hukum-hukum dasar kimia peserta didik kelas X IPA 5 SMAN 4 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019 dengan korelasi ganda diperoleh masing-masing nilai rx1x2y1 = 0,8826 dan nilai Fhitung>Ftabel atau 56,39 > 3,29 serta nilai rx1x2y2 =0,7399 dan nilai Fhitung>Ftabel atau 19,363 > 3,29.(5) Ada pengaruh antara kecerdasan emosional dan keterampilan pemecahan masalah terhadap hasil belajar pengetahun dan keterampilan dengan menerapan pendekatan discovery learning pada materi pokok hukum-hukum dasar kimia peserta didik kelas X IPA 5 SMAN 4 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019 yang diperoleh masing-masing dari persamaan garis regresi ganda dan Fhitung>Ftabel atau 56,39 > 3,29 serta dan Fhitung>Ftabel atau 19,363 > 3,29

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Keterampilan Pemecahan Masalah, Pendekatan Discovery Learning, Hasil Belajar Pengetahun dan Keterampilan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 01 Nov 2019 03:14
Last Modified: 01 Nov 2019 03:14
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/753

Actions (login required)

View Item View Item