“Upaya Penerapan Teknik Vokal Resonansi Melalui Metode Drill Dan Imitasi Pada Partai Suara Bass Paduan Suara Orang Muda Katolik ( OMK ) St. Antonius Padua Kelapa Lima Kupang”.

NAPA, Crispianus Antonius (2019) “Upaya Penerapan Teknik Vokal Resonansi Melalui Metode Drill Dan Imitasi Pada Partai Suara Bass Paduan Suara Orang Muda Katolik ( OMK ) St. Antonius Padua Kelapa Lima Kupang”. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (490kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (389kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (632kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (303kB)

Abstract

Resonansi adalah suatu gejala ‘bunyi kembali’ dari suatu ruangan, dan dinding yang keras sehingga sanggup memantulkan suara.Resonansi menambah keindahan pada suara hingga menjadi bunyi yang gemilang. Paduan suara OMK St.Antonius Padua adalah paduan suara Gereja yang aktif dalam berbagai macam kegiatan paduan suara namun paduan suara OMK St. Antonius Padua khususnya partai suara bass belum mampu menerapkan teknik resonansi yang baik. Berdasarkan uraian di atas dirumuskan pertanyaan penelitian atau focus penelitian yang menjadi bahan kajian dalam penelitian ini yakni Bagaimana Upaya Penerapan Teknik Vokal Resonansi Melalui Metode Drill Dan Imitasi Pada Partai Suara Bass Paduan Suara Orang Muda Katolik (Omk) St. Antonius Padua Kelapa Lima Kupang. Jenis pendekatan penelitian yang digunakan bersifat kualitatif yaitu penelitian yang datanya dinyatakan dalam bentuk kata–kata dan gambar. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah studi pustaka dan studi lapangan. Studi pustaka berupa data–data dan teori yang berhubungan dengan permasalahan yang ada dari berbagai buku, jurnal dan berbagai sumber pustaka lain. Sedangkan studi lapangan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan penlaksanaan penerapan teknik vokal resonansi pada lagu Ave Verum melalui metode drill dan imitasi oleh partai suara bass paduan suara OMK St. Antonius Padua Kelapa Lima Kupang, melalui tiga tahap yaitu tahap awal merekrut dan menjelaskan tentang teknik vokal pernafasan dan resonansi kemudian penerapan teknik resonansi pada lagu nina bobo sebelum masuk ke lagu model, tahap inti, melakukan latihan etude-etude meluaskan pita suara, interval, resonansi dan latihan penerapan teknik resonansi dalam lagu model,tahap akhir pemantapan teknik resonansi dan siap di pentaskan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik resonansi dalam lagu ini dapat disimpulkan bahwa pemahaman partai suara bass terhadap teknik resonansi dilakukan melalui proses latihan etude-etude resonansi sehingga partai suara bass memahami dan menerapkan teknik resonansi dalam pembawaan lagu model. Walau terdapat kesulitan namun hal tersebut dapat diatasi dengan metode drill dan imitasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: peserta penelitian,teks lagu,keyboard,mic metode drill dan imitasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 05 Nov 2019 01:06
Last Modified: 05 Nov 2019 01:06
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/754

Actions (login required)

View Item View Item