Tanggapan Mahasiswa Tentang Film “Aquaman” Karya James Wan (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Unwira Angkatan 2015)

NABANG, Fransiskus S. E. (2019) Tanggapan Mahasiswa Tentang Film “Aquaman” Karya James Wan (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Unwira Angkatan 2015). Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (616kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (214kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (269kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (252kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (261kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (154kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (160kB)

Abstract

Penelitian ini ingin mengetahui “Tanggapan Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Unwira Angkatan Tahun 2015 Tentang Tentang Film “Aquaman” Karya James Wan.. Peneliti memilih film Aquaman sebagai bahan untuk diteliti dengan alasan film Aquaman menceritakan tentang seorang super hero yang berusaha menyelamatkan kerajaan Atlantis dari dunia peperangan.. Penelitian ini bertujuan Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh pengetahuan mengenai “Tanggapan Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Unwira Angkatan Tahun 2015 Tentang Tentang Film “Aquaman” Karya James Wan. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Adapun sumber data yang digunakan ialah data primer dan data sekunder. Data primer diambil dari hasil wawancara dengan narasumber (mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2015) dan menggunakan studi dokumenter. Data tersebut kemudian dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Landasan konseptual yang digunakan ialah konsep komunikasi, komunikasi massa, konsep film, konsep tanggapan, teorisai (Uses And Gratification). Untuk membantu peneliti dalam melakukan analisis dan interpretasi data, maka dalam penelitian ini peneliti menggunakan teori Uses And Gratification dan juga konsep tanggapan untuk mengetahui tanggapan dari para mahasiswa program studi ilmu komunikasi angkatan 2015 mengenai adegan dan juga alur cerita dari film “Aquaman” dan juga peneliti menetapkan enam orang mahasiswa program studi ilmu komunikasi angkatan 2015 sebagai informan dalam penelitian ini. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, tanggapan yang diberikan oleh para mahsaiswa program studi ilmu komunikasi angkatan 2015 berbeda-beda berkaitan dengan adegan dan alur cerita dari flm ”Aquaman”. Dari hasil Focus Group Discussion dan wawancara mendalam yang peneliti lakukan dalam penelitian ini ditemukan bahwa ke-enam informan mengatakan bahwa adegan dari film “Aquaman” setealah menonton film tersebut mereka suka dengan film tersebut dikarenakan, para informan mendapatkan suatu hiburan maupun pembelajaran sedangkan dilihat dari alur ceritanya, tanggapan yang dikemukakan oleh informan yaitu alur cerita dalam film “Aquaman” yaitu alur maju mundur. menurut mereka kisah yang menghibur karena gambar, animasi, tema, maupu background yang disajikan dalam film “Aquaman” sangat unik, bagus dan sempurna. Berdasarkan analisis data, kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini ialahAdegan film Aquaman disukai oleh Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi dikarenakan para informan mendapatkan suatu hiburan maupun pembelajaran. Selain itu juga ketika menonton film tersebut hampir semua informan mengatakan film “Aquaman” sangat menarik untuk di tonton. Sedangkan mengenai Alur film “Aquaman” menampilkan kelebihan dari alur maju mundur bukan hanya saja isi dari film tersebut namun disetiap alur dalam film Aquaman tersebut menampilkan tema maupun background, disajikan secara kreatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HF Commerce
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 05 Nov 2019 01:46
Last Modified: 05 Nov 2019 01:46
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/766

Actions (login required)

View Item View Item