Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Pada Materi Pokok Sistem Gerak Pada Manusia Di Smp Negeri 4 Kota KupangTahun Ajaran 2016/2017

KALANDA, Adriana (2016) Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Pada Materi Pokok Sistem Gerak Pada Manusia Di Smp Negeri 4 Kota KupangTahun Ajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (188kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (182kB)

Abstract

Problem Solving adalah suatu proses mental dan intelektual bagaimana menemukan suatu masalah dan memecahkannya berdasarkan informasi yang jelas dan akurat, sehingga dapat diambil kesimpulan yang tepat dan cermat. Model pembelajaran Problem Solving ini lebih menekankan pada pemecahan masalah dan struktur khusus yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan memiliki tujuan untuk meningkatkan penguasaan akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas VIII SMP N 4 Kota Kupang pada materi sistem gerak pada manusia melalui penerapan model pembelajaran Problem Solving. Jenis penelitian yang digunakan adalah pra eksperimen. Teknik pengumpulan data observasi. LKS dan Tes. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group-Pretest Postest. Hasil penelitian ini menunjukkan tes hasil belajar siswa terjadi peningkatan yaitu dari hasil rerata UI (pretest) 40, 67 sedangkan rerata pada U2 (postest) 82,76. Ketuntasan indikator hasil belajar adalah 0,87 atau 87 % berada diatas nilai proporsi indikator atau PI minimum: 0,75 menurut depdiknas 2003. Ketuntasan indikator dari materi pokok sistem gerak pada manusia menunjukan bahwa proporsi ketuntasan lebih besar dari 0,75 atau 75 %. Dalam hal ini proporsi indikator adalah 0, 91 atau 91 %. Aktivitas siswa dalam pembelajaran menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas yang paling menonjol terjadi pada memperhatikan penjelasan guru 20, 13 dan membaca buku siswa/buku pelengkap lainnya 17, 22. Sensivitas butir soal menunjukkan bahwa dalam 20 butir soal sensivitas dengan rata-rata 0, 34. Reliabilitas instrumen aktivitas siswa 88, 68 % (baik), skor rerata guru dalam mengelolah pembelajaran 3, 75 % (cukup baik), dan reliabilitas instrumennya 88, 68 % (baik). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem solving sangat efektif meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di SMPN 4 Kota Kupang pada materi poko sistem gerak pada manusia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Metode problem Solving, Hasil Belajar Siswa, Sistem gerak pada Manusia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 16 Aug 2022 05:00
Last Modified: 16 Aug 2022 05:00
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/7669

Actions (login required)

View Item View Item