Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Pada Materi Pokok Ekosistem Di Smp Negeri 2 Kupang Tahun Ajaran 2015/2016

BULU, Apliana (2016) Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Pada Materi Pokok Ekosistem Di Smp Negeri 2 Kupang Tahun Ajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (466kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (104kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah, siswa kurang antusias dalam menerima pembelajaran, siswa kurang memperhatikan penjelasan yang diberikan oleh guru, dan siswa pasif. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang rendah. Solusi yang ditawarkan untuk membantu siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran kooperatif pendekatan Numbered Heads Together. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Materi Pokok Ekosistem Di SMP Negeri 2 Kupang Tahun Ajaran 2015/2016. Tempat penelitian Di SMP Negeri 2 Kupang Tahun Ajaran 2015/2016, kelas VIIQ dengan jumlah siswa 30 orang dan waktu penelitiannya telah dilaksanakan pada bulan Mei, Teknik pengumpulan data melalui observasi, pemberian tes dan dokumentasi . Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan (1) hasil belajar siswa secara individu tuntas dengan persentase rerata nilainya saat pemberian pre-test 44,67 setelah diberikan post-test hasilnya meningkat menjadi 89,67 (2), ketuntasan klasikalnya 100%,(3) ketuntasan indikator hasil belajar menunjukkan proporsi rata-rata indikatornya 0,90%. Berdasarkan hasil analisis Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Numbered Heads Together Efektif Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Materi Pokok Ekosistem Di SMP Negeri 2 Kupang Tahun Ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Model Pembelajaran Kooperatif, Pendekatan NumberedHeads Together, Ekosistem, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 16 Aug 2022 04:59
Last Modified: 16 Aug 2022 04:59
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/7670

Actions (login required)

View Item View Item