HERMAN, Rosita (2016) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Team Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Pada Materi Pokok Stuktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Di Smpn 02 Adonara Timur–Flores Timur Tahun Ajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (480kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (96kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (208kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (275kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (92kB) |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah guru kurang menerapkan variasi strategi dan model pembelajaran yang inovatif, guru lebih suka menggunakan model pembelajaran yang sudah dikuasai. Hal ini berpengaruh terhadap aktivitas dan motivasi siswa yang rendah dan mengakhibatkan siswa jenuh serta berdampak pada hasil belajar siswa rendah. Oleh karena itu penulis menawarkan solusi dengan menggunakan salah satu model pembelajaran yaitu model pembelajaran kooperatif. Model pembelajaran kooperatif merupakan model pembelajaran yang dilakukan secara kelompok, siswa dalam satu kelas dijadikan kelompok kecil untuk berkerjasama. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengaktifkan siswa adalah model pembelajaran kooperatif pendekatan Teams Assisted Individualization (TAI). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan Teams Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan di SMPN 02 Adonara-Timur Flores-Timur tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pra-eksperimen dan desain penelitiannya adalah One Group Pretest-Posttest Design. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa rerata ketuntasan hasil belajar siswa (86,67), dan ketuntasan klasikal (93,94%). Rerata ketuntasan proporsi indikator (0,87), dan rerata sensitivitas butir soal (0,44) ≥ 0,30 sehingga mempunyai efek dalam pembelajaran. Rerata ketuntasan reliabilitas instrumen aktivitas siswa (96,77%), dan rerata ketuntasan pengelolaan pembelajaran oleh guru (3,80) dengan rerata ketuntasan Reliabilitasnya adalah (99,81%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan Teams Assisted Individualization (TAI) efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok struktur dan fungsi jaringan tumbuhan di SMPN 02 Adonara-Timur Flores-Timur tahun ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Teams Assisted Individualization, Hasil Belajar, Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | S.Fil Lake Primus Sani |
Date Deposited: | 16 Aug 2022 04:49 |
Last Modified: | 16 Aug 2022 04:49 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/7679 |
Actions (login required)
View Item |