Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Di Smp Negeri 4 Kupang Tengah Satap Tahun Ajaran 2015/2016

JEHARUM, Thomas Yansen (2016) Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Di Smp Negeri 4 Kupang Tengah Satap Tahun Ajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (396kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (102kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah sebagian besar guru SMP Negeri 4 Kupang Tengah Satap sudah menerapkan pembelajaran yang inovatif dan kreatif di mana guru menekankan pada keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Namun, masih ada guru terutama guru-guru yang sudah lama mengabdi karena merasa sudah berpengalaman dan telah menghasilkan manusia yang berprestasi sehingga mereka menganggap sudah cukup dan metode yang digunakan selama ini sudah tepat tanpa adanya upaya untuk menciptakan suatu yang baru dalam pembelajarannya. Salah satu solusi pembelajaran yang dapat memotivasi siswa agar menemukan sendiri materi ajarnya adalah model Contextual Teaching and Learning. Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat membuat siswa aktif dan mampu bekerja sama dalam kelompok serta memberi kesempatan kepada siswa untuk berdiskusi, berdebat, mengungkapkan pendapat, serta mendengarkan pendapat orang lain sesuai dengan apa yang siswa mengerti di dalam kehidupan yang nyata. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan pada Manusia Di SMP Negeri 4 Kupang Tengah Satap Tahun Ajaran 2015/2016. Lokasi penelitian adalah SMP Negeri 4 Kupang Tengah Satap dengan subyek penelitiannya adalah siswa kelas VIII A dengan jumlah 26 orang, dan waktu penelitiannya telah dilaksanakan pada bulan Desember Tahun 2015. Teknik pengumpulan data melalui observasi, pemberian tes dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan (1) Hasil Belajar Siswa Secara Individu Tuntas (Rerata nilainya 82,88), kelulusan siswa secara klasikal tuntas dengan presentase 96,15% (2) Ketuntasan Indikator Hasil Belajar (THB), menunjukkan proporsi indikatornya adalah 0,79 (Tuntas), sedangkan sensivitas butir soalnya 0,53 (Tuntas) Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Di SMP Negeri 4 Kupang Tengah Satap Tahun Ajaran 2015/2016,

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning, Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 16 Aug 2022 04:45
Last Modified: 16 Aug 2022 04:45
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/7681

Actions (login required)

View Item View Item